Senin, 24 Desember 2018

Segudang Bahay Rokok Untuk Kesehatan

Kembali lagi nih gays bersama saya di Blog pribadi saya di nurijamuobat yang selalu hadir dengan informasi menarik seputar dunia kesehatan.. Untuk menyambung pembahasan kita sebelumnya, kali ini kita akan membahas mengenai Segudang bahaya merokok untuk kesehatan. Nah lho, segudang artinya banyak ya.. 😁😁 Untuk itu, yuk kita sama sama menyimak informasi mengenai bahaya merokok untuk kesehatan berikut ini:
Hasil gambar untuk dilarang merokok

Merokok sepertinya sudah menjadi hal yang tidak asing lagi untuk warga di Indonesia, bahkan 75% penduduk Indonesia memiliki kecanduan terhadap rokok. Namun tanpa mereka sadari bahwa dalam sebatang rokok saja banyak mengandung zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.. Sepertinya sudah tidak asing lagi dengan peringatan dua kata yaitu "Dilarang Merokok" peringatan yang sangat mudah di jumpai dimana saja. Mengapa merokok begitu dilarang? Dalam Sebatang rokok memiliki lebih dari 4000 bahan kimia, dan 60 diantaranya termasuk kedalam golongan bahan kimia berbahaya penyebab terjadinya kanker.. Bahan berbahaya tersebut ialah karbon monoksida, tar, nikotin, gas oksidan, dan benzene.. zat berbahaya tersebut menjadi pemicu utama terjadinya penyakit berbahaya dalam tubuh yang di sebabkan oleh rokok. diantarany:

  • Gangguan Kardiovaskular
Seseorang yang memiliki kecanduan merokok akan memiliki empat kali lebih tinggi resiko menderita penyakit jantung apalagi pada wanita yang memiliki kecanduan merokok bersamaan dengan mengkonsumsi pil-KB, resiko menderita penyakit jantung pun akan semakin meningkat di bandingkan dengan pria yang merokok. Hal itu dikarenakan rokok memiliki banyak zat nikotin yang berbahaya untuk tubuh, pada saat tubuh menghisap rokok, zat nikotin masuk ke dalam tubuh yang dapat mengurangi kadar oksigen dalam darahh. Zat nikotin ini pun memiliki sifat candu yang mampu mempercepat detak jantung, merusak pembuluh darah dalam jantung, menaikkan tekanan daeah serta dapat meningkatkan penggumpalan darah meningkat yang akan menyebabkan serangan jantung. 

BACA JUGA : Obat sesak Nafas
  • Paru-paru
Selain berpengaruh terhadap kesehatan jantung, ternyata merokok juga dapat berpengaruh terhadap peru-paru yang dapat berujung dengan gangguan pernapasan. penyakit paru-paru akibat merokok ini pun menjadi salah satu efek berbahaya merokok yang dapat menyebabkan kanker paru-paru.. Hal itu dikarenakan dalam rokok mengandung banyak bahan kimia yang mampu merusak sel paru-paru yang kemudian dapat berubah menjadi sel kanker. 

  • Mulut Dan Tenggorokan
gigi bernoda dan bau mulut merupakan salah satu tanda awal gejala efek yang timbul akibat merokok. bahkan tanpa disadari, waktu demi waktu penyakit gusi seperti radang gusi bahkan hingga terjadinya indra perasa pun dapat di rasakan akibat kecanduan merokok. Bahkan lebih parah dari itu, rokok memiliki zat berbahaya yang dapat memicu terjadinya peningkatan resiko kanker dalam tubuh seperti kanker mulut, kanker lidah, kanker tenggorokan, bibir serta putusnya pita suara.

  • Lambung
bukan hanya itu, ternyata lambung pun ikut terkena imbas efek tubuh seseorang yang memiliki kecanduan terhadap rokok. Rokok memiliki zat yang dapat melemahkan otot yang berfungsi sebagai pengontrol bagian bawah kerongkongan. peristiwa tersebut dapat memungkinkan kenaikan asam lambung bergerak tidak semestinya yaitu bergerak ke atas menuju ke kerongkongan. Resiko penyakit lambung untuk tubuh yang memiliki kecanduan terhadap rokok semakin meningkat seperti ulkus atau tukak lambung bahkan hingga kanker lambung.

BACA JUGA : Obat tukak lambung
  • Kulit
Tubuh yang memiliki kecanduan merokok dengan tubuh sehat tanpa kecanduan merokok tentunya akan terlihat sangat jelas, yakni tubuh yang memiliki kecanduan merokok akan terlihat lebih tua di bandingkan dengan tubuh yang bukan perokok. hal itu dikarenakan merokok dapat menyebabkan kulit memiliki kurangnya asupan oksigen, yang dapast menjadi pemicu terjadinya kerutan di sekitar mata dan mulut. bahkan yang lebih parah dari kerutan ialah, rokok dapat menyebabkan selulit pada kulit. 

selain itu, masih banyak lagi gangguan kesehatan lainnya yang dapat timbul akibat zat berbahaya yang ada pada rokok, seperti, gangguan psikolog, organ reproduksi, tulang, otak dan masih banyak lagi. Memang setiap perokok tidak akan meninggal akibat penyakit jantung, Namun tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang sayangi tubuh anda dengan cara memulai hidup yang lebih sehat tanpa merokok.. 

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang kami sampaikan dapat menjadi inspirasi untuk anda memulai hidup sehat. Salam Sehat, Terima Kasih..!!

Segudang Bahay Rokok Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar