Senin, 25 Maret 2019

Mengenal Lidah Buaya (Aloe Vera) Beserta Dengan Manfaat Dan efek Sampingnya

Informasi kesehatan - Lidah buaya atau yang memiliki nama latin sebagai aloe vera ini telah sejak ribuan tahun lalu di kenal sebagai tanaman dengan sejuta manfaat. Bahkan hingga saat ini, lidah buaya sering di gunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik dan obat. Bagian dari lidah buaya yang sering di manfaatkan nya ialah gel lendir di dalamnya. Lantas, apa manfaat dari lidah buaya sehingga lidah buaya begitu familiar?

Kandungan Gizi dalam lidah Buaya

Lidah buaya sering kali di manfaatkan dalam bahan baku pembuatan kosmetik kecantikan terutama dalam perawatan kulit hingga penyembuhan berbagai jenis luka. Manfaat itu di dapatkan dari kandungan senyawa polisakarida dan mannose-6-phospahate yang ada di dalamnya sehingga kedua senyawa itu memiliki fungsi baik untuk mempromosikan proliferasi fibroblas, produksi asam hialuronat dan hidroksiprolin pada fibroblas yang berperan penting untuk menyembuhkan luka. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan baik untuk menyuburkan rambut dan merawat kecantikan serta kelembapan kulit.

Selain itu, gel yang ada dalam lidah buaya memiliki kandungan nutrisi baik seperti zinc, zat besi, sodium, kalsium, kromium, magnesium, Vitamin A, C dan E, Vitamin B, asam folat, Vitamin B12, B1, B2,B6 Niasinamida, cholin, flavonoid dan fenol serta beberapa kandungan vitamin dan mineral lain yeng berperan sebagai antioksidan alami untuk mencegah penuaan dini, penyakit degeneratif hingga serangan jantung.

Dengan kandungan seperti itu membuat lidah buaya atau aloe vera ini memiliki manfaat baik seperti :

Lidah Buaya kaya akan vitamin

Lidah buaya memiliki daging bagian dalam dengan kandungan Vitamin B, B12, C, B, E serta asam folat yang baik untuk menghilangkan nyeri pada otot dan syaraf. kandungan vitamin C dan E baik untuk memperbaiki imunitas kesehatan kulit dan reproduksi. Hal ini yang membuat banyak orang memanfaatkan lidah buaya atau aloe vera sebagai olahan produk minuman dan makanan

Lidah buaya mengandung Mineral yang lengkap

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal alami dengan kandungan mineral lengkap seperti kalsium, kromium, magnesium, sodium, selenium, potassium, mangan dan zinc untuk memenuhi asupan kebutuhan mineral yang di butuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan

Lidah Buaya Tinggi antioksidan

Lidah buaya memiliki kandungan Antioksidan tinggi seperti Vitamin C dan E yang mendukung baik adanya antioksidan dalam tubuh. Gabungan antara antioksidan dan Vitamin dalam aloe vera mampu dengan baik melindungi kulit dari paparan sinar UV dari teriknya sinar matahari.

Lidah Buaya Tinggi Cairan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa lidah buaya memiliki kandungan air sangat tinggi. Hal itu terbukti sangat baik untuk kesehatan yaitu untuk menghidrasi tubuh dan kulit serta melancarkan pencernaan. Kandungan cairan tinggi itu dapat di manfaatkan dengan baik untuk produk minuman ataupun masker sebagai pelembab kulit.

Meskipun telah terbukti memiliki kandungan dan manfaat baik dari keseluruhannya, namun gel yang ada di lidah buaya juga memiliki resiko untuk membuat kulit gatal atau bahkan kulit menjadi merah sesaat setelah menggunakan masker lidah buaya. Selain itu, untuk kamu yang mengkonsumsi lidah buaya dalam jumlah banyak bisa berpotensi menyebabkan sakit dan kram di perut. Bahkan dalam jangka panjang lidah buaya ini bisa menyebabkan masalah ginjal, darah dalam urine, gangguan jantung hingga kelemahan otot.

sebelum mengkonsumsi lidah buaya, ada baiknya jika konsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatan tubuh kamu pada dokter atau medis kesehatan untuk menghindari efek samping dari lidah buaya yang tidak di inginkan.

Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat. Terima kasih

Mengenal Lidah Buaya (Aloe Vera) Beserta Dengan Manfaat Dan efek Sampingnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar