Minggu, 24 Maret 2019

Manfaat Buah Kurma Menurut Sunnah Al-Quran

Manfaat Buah Kurma Menurut Sunnah Al-Quran - Kurma merupakan jenis buah yang identik dengan Bulan suci Ramadhan. kita akan mudah menemukan buah ini ketika memasuki bulan ramadhan sebagai menu dalam sahur maupun berbuka. Buah kurma merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak di sebut dalam al-Qur'an. Bahkan buah kurma pun menjadi buah yang paling di sukai Nabi Muhammad Shallallahu'Alaihi Wassalam. maka dengan itu, untuk kita umatnya mengkonsumsi kurma menjadi sunnah yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :
Hasil gambar untuk manfaat buah kurma menurut islam
Buah kurma memiliki nama latin Dactylifera Phoenix yang di yakini sebagai buah dengan banyak kandungan dan manfaat di dalamnya. Hal ini tidak hanya di buktikan secara ilmiah saja, namun juga telah termaktub dalam al-Quranul karim dan sabda Nabi Shallallahu'Alaihi Wassalam dalam surat ar-rahman ayat 11. Meskipun dalam surat tersebut tidak di jelaskan secara spesifik mengenai manfaat dari buah kurma, tapi sungguh sesuatu yang ada dalam al-Quran, maka pastilah itu menjadi sebuah kebenaran.

Lalu apa saja sebenarnya manfaat dan keajaiban dari buah kurma? 

kurma memiliki kandungan yang baik seperti, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, kalsium, magnesium, fosfor, potassium, sodium, zinc, Vitamin C, Vitamin A,E,K, Vitamin B6 dan thiamin yang bermanfaat untuk : 

KUrma mengandung zat antikanker

Salah satu peneliti kesehatan di Mesir, telah melakukan penelitiannya terhadap kandungan dan manfaat kurma. Beliau menyebutkan bahwa menurut hasil penelitian yang dilakukannya, buah kurma memiliki kandungan yang baik sebagai antikanker yang bisa mencegah bahkan mematikan sel kanker dari dalam tubuh manusia. Maka dari itu, buah kurma yang menjadi makanan pokok sebagian besar penduduk Jazirah arab atau tepatnya penduduk yang tinggal di sekitar daerah sahara dan oasis. Maka dari itu, hampir seluruh penduduk Jazirah Arab tidak mengidap penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung, hal itu karena penduduk disana memiliki kebiasaan baik untuk mengkonsumsi kurma secara rutin.


Kurma sebagai sumber protein

Kurma menjadi satu buah dengan kandungan protein tinggi di dalamnya, bahkan hingga mencapai 1,4-1,7 gram protein di setiap 100 gram kurma basah. Jumlah ini di perkirakan sama dengan jumlah protein yang ada pada daging. selain itu, buah kurma juga memiliki kandungan lain seperti treonin, lisin, isoleusin yang bekerja sebagai asam amino essential dengan jumlah nya yang mencapai ratusan kali lebih banyak di bandingkan dengan buah apel.

Kurma dapat menetralisir tubuh dari racun

Kurma memiliki kandungan baik yang bermanfaat untuk menetralisir racun dalam tubuh. Hal itu telah terbukti dalam sabda Nabi Shallallahu'Alaihi Wassalam. Bahkan dalam satu cerita jaman dulu, di kisahkan ada seorang wanita Yahudi yang melakukan percobaan pembunuhan kepada Rasulullah dengan menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada perang Khaibar. Pada saat setelah makan makanan yang mengandung racun itu, Rasulullah mengkonsumsi buah kurma sebanyak 7 butir. Kandungan zat yang ada dalam buah kurma terbukti bisa menetralisir racun yang ada dalam tubuh beliau sehingga beliau bisa selamat. sedangkan salah seorang sahabat yang mengkonsumsi makanan sama dengan beliau, akhirnya meninggal. Hal itu dikatakan oleh salah seorang sahabat bernama Bisyir Ibnu al-Barra.

Karena banyak kandungan dan manfaat di dalamnya, buah kurma tidak hanya di sarankan di konsumsi pada bulan ramadhan saja, namun bisa di jadikan sebagai salah satu buah yang wajib di konsumsi setiap hari di luar bulan ramadhan.

Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat kurma menurut Sunnah dalam Al-Qur'an. semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat baik untuk anda. Terima kasih

Manfaat Buah Kurma Menurut Sunnah Al-Quran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar