Senin, 22 April 2019

Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan

Informasi Kesehatan - Pada umumnya orang akan mengenal Cacing tanah sebagai binatang yang menjijikan dan tidak bisa di konsumsi. Keberadaannya hanyalah bermanfaat bagi ekosistem tanah. Keberadaannya tidak hanya untuk menyuburkan tanah, melainkan untuk diolah dan di konsumsi dengan banyak manfaat baik bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Cacing tanah yang di anggap sebagai binatang menjijikan ini ternyata memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan di dalamnya. Cacing tanah memiliki kandungan konsentrasi tinggi, Vitamin dan mineral penting seperti zat besi dan kalium. Dengan banyaknya kandungan dalam cacing tanah, banyak yang menggunakan cacing tanah sebagai metode pengobatan untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan seperti :

Mengobati Tifus

Salah satu manfat cacing tanah yang sudah tidak asing lagi ialah kemampuannya yang di percaya bisa menyembuhkan tifus. Cacing tanah ini telah sejak zaman China kuno di gunakan sebagai obat tradisional dalam mengobati tifus. Kini cacing tanah bisa kita konsumsi dengan praktis. Ada ekstrak cacing tanah yang di kemas dalam bentuk kapsul untuk mempermudah dalam mengkonsumsi nya. Kandungan antibakteri dalam cacing tanah bisa melawan perkembangan bakteri penyebab tifus sehingga tifus bisa lebih cepat di sembuhkan.

Mengobati Diare

Diare biasanya bisa di sebabkan oleh beberapa jenis bakteri seperti jenis bakteri E.Coli atau Escherichia coli. Jenis bakter itu bisa menyerang saliran pencernaan hingga menyebabkan diare. Dengan mengkonsumsi ekstrak cacing tanah yang bersifat antibakteri imi bisa mengatasi diare yang di akibatkan oleh bakteri jenis E.Coli.

Menyembuhkan luka dengan cepar

Cacing tanah kaya akan kandungan asam arakidonat yang telah terbukti bisa merangsang kulit untuk memproduksi sel-sel baru sehingga bisa membantu mengganti kulit lama yang telah rusak.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Cacing tanah yang sekilas terlihat menjijikan ternyata bisa menghasilkan beberapa jenis leukosit, menyekresi dan menyintesis berbagai molekul imunoprotektif. Dengan beragam kandungan yang ada di dalamnya membuat cacing tanah ini bermanfaat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai jenis virus dan bakteri.

Mengatasi peradangan

Cacing tanah ini memiliki kandungan senyawa organik dengan nama Lumbrokinase yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, salah satunya ialah untuk mengurangi peradangan yang di akibatkan oleh hiperkoagulasi.

Mengatasi Konstipasi

Konstipasi merupakan satu kondisi dimana ketika feses menjadi lebih keras dari sebelumnya, feses yang mengeras ini menjadi salah satu masalah pada buang air besar hingga bisa menyebabkan luka di sekitar anus dan memicu munculnya ambeyen.

Untuk mengatasi hal yang berhubungan dengan konstipasi ini kamu bisa mengkonsumsi ekstrak cacing tanah. Alasannya karena cacing tanah memiliki nutrisi yang bisa memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh

Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar