Selasa, 23 April 2019

Manfaat Kunyit Asam

Informasi Kesehatan - Kunyit asam sering kita kenal sebagai minuman tradisional dengan beragam khasiat. Jika selama ini kita mengenal kunyit dan asam sering di konsumsi secara bersamaan, namun ternyata kedua nya merupakan jenis rempah yang berbeda. Kunyit dan asam ini memiliki kandungan dan manfaat yang tidak sama. Apa saja manfaat dari kedua nya? untuk itu, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Kunyit sendiri merupakan jenis rempah yang sering kita jadikan sebagai bahan dalam masakan atau obat tradisional. Kunyit telah lama di gunakan masyarakat di Tiongkok dan India sebagai obat tradisional untuk mengobati sakit otot dan rangka tubuh dengan kandungan bahan aktif seperti anti inflamasi di dalamnya. Selain mengatasi sakit otot dan rangka tubuh, kunyit memiliki beragam khasiat lainnya seperti :

Meringankan infeksi

kunyit memiliki kandungan antimikroba yang bisa melawan jamur, parasit dan bakteri dalam tubuh. Kunyit memiliki sifat antiseptik alami untuk melindungi luka atau luka bakar sebagai upaya untuk meringankan infeksi. Namun untuk mengatasi luka seperti luka bakar, kunyit tidak hanya di konsumsi saja. namun kunyit juga bisa di balurkan pada daerah yang luka untuk mendapat efek antiseptik lebih baik

Melindungi usus dan lambung

Kunyit dikenal sebagai rempah yang ramah terhadap organ pencernaan, hal itu telah terbukti dari manfaatnya yang bisa meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Kandungan dalam kunyit juga bisa mencegah terjadinya tukak lambung. Jika tukak lambung terjadi, maka kunyit bisa membantu meredakannya.

Antikanker. 

Kandungan kurkumin dalam kunyit bisa bersifat sebagai zat atau kandungan yang baik untuk mencegah tumor terutama pada kasus penderita kanker usus besar. Bahkan kandungan dalam kunyit telah melalui penelitian, penelitian tersebut menyebutkan bahwa kunyit memiliki sifat yang sama dengan komponen penghambat sel tumor yang baru saja di temukan.

Khasiat Asam

Berbeda dengan kunyit, asam memiliki kandungan yang biasa di manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi gangguan perut, sembelit, gangguan hati dan masalah kantong empedu. Namun tak jarang orang-orang akan menggunakan asam sebagai obat untuk mengatasi penyakit usus, infeksi tenggorokan atau sebagai pelancar buang air besar. Tidak berhenti hanya di situ, jika asam di gabungkan dengan bahan lain. Asam bisa di gunakan sebagai obat kusta, namun cara penggunaannya tidak di konsumsi melainkan dioleskan secara langsung pada kulit.

Melihat begitu banyaknya manfaat pada masing masing bahan minuman tradisional kunyit asam ini, maka tidak ada salahnya jika kamu mengkonsumsi kunyit asam sebagai minuman untuk menyegarkan badan. Namun perlu di ingat, meskipun memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Perhatikan juga dosis konsumsi yang di gunakan. Jangan mengkonsumsi kunyit asam ini secara berlebihan, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Manfaat Kunyit Asam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar