Selasa, 22 Januari 2019

Cara Cepat Atasi Nyeri Haid tanpa obat

Setiap wanita akan tahu dan merasakan apa yang di sebut dengan nyeri haid. Nyeri haid ini rutin dialami wanita sekali dalam jangka waktu satu bulan yang rutin setiap menstruasi. Namun sedikitnya 2 dari 10 wanita mengalami gejala nyeri haid yang cukup parah. Banyak cara yang wanita lakukan untuk mengatasi nyeri haid, dari mulai mengkonsumsi ramuan herbal, jamu hingga obat obatan kimia untuk mengatasi nyeri haid. Namun selain ketiga cara tersebut ada beberapa cara jitu yang ampuh atasi nyeri haidpada wanita tanpa obat  seperti :

Ketika kamu mengalami nyeri haid. biasa nya kamu akan mengkonsumsi obat obatan pereda nyeri seperti ibu profen. Namun kali ini ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi, hal yang dapat kamu lakukan itu seperti : 

  • bearaktivitas Fisik - Saat tengah menstruasi, mungkin kamu akan lebih cenderung malas untuk melakukan aktivitas apapun. Kamu hanya ingin berdiam diri di tempat tidur, namun sebenarnya melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dapat mengurangi rasa sakit yang kamu alami akibat menstruasi. Saat tubuh berolahraga, maka peredaran darah akan lebih lancar dan akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat menyeimbangkan system kerja hormon prostaglandin sehingga rasa sakit dapat berkurang. 
  • Mengompres perut - Selain melakukan beberapa aktivitas fisik, kamu juga dapat mencoba tips selanjutnya. Yakni untuk mengompres perut dengan botol berisi air hangat. Panas yang di hasilkan air dalam botol akan membantu merelaksasi otot uterus yang berkontraksi saat menstruasi sehingga rasa sakit dapat di kurangi. 
  • Minum teh - minum teh mungkin saja terdengar sebagai hal yang biasa, namun akan menjadi hal yang luar biasa membantu dalam mengatasi nyeri haid ketika di konsumsi saat menstruasi. Teh yang di sarankan di konsumsi untuk meredakan rasa nyeri saat menstruasi adalah jenis teh chamomile, dalam jurnal yang di liris oleh journal of agriculture and chemistry mengatakan bahwa ada beberapa kandungan dalam teh chamomile yang dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi. 
  • Pastikan Asupan Vitamin D yang cukup dalam tubuh - Sebuah study di Italia menunjukan bahwa pengaruh asupan Vitamin D dalam tubuh memiliki keterkaitan erat dengan rasa sakit saat menstruasi. penelitian tersebut melibatkan setidaknya 40 orang wanita yang di bagi menjadi dua grup, grup pertama mengkonsumsi asupan suplemen Vitamin D3 dengan dosis 300.000 IU sementara grup kedua mendapatkan perlakuan plasebo, konsumsi Vitamin D ini dilakukan 5 hari sebelum mereka memasuki periode menstruasi, setelah dua bulan penelitian itu membuahkan hasil. Terdapat penurunan keluhan rasa sakit hingga 41% pada mereka yang mengkonsumsi vitamn D3. Sementara mereka yang di perlakukan plasebo di laporkan tidak memiliki perbedaan terkait nyeri haid yang mreka alami. Bahkan Dr.Jill Rabin yang menjadi kepala bagian obstetri dan ginekologi long island jewish Medical Center. Beliau menyebutkan bahwa mengkonsumsi Vitamin D3 sebelum menstruasi dapat membantu menghambat kerja fungsi prostaglandin sehingga dapat mengurangi rasa sakit.
  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu - sebelum periode menstruasi yang juga penting kita perhatikan ialah makanan dan minuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Sebelum periode menstruasi ada baiknya jika kamu menghindari konsumsi makanan seperti makanan yang mengandung lemak, soda dan alkohol. Makanan dan minuman itu hanya akan menyebabkan kembung pada perut dan resistansi air dalam tubuh sehingga dapat memperparah nyeri haid. Selain beberapa jenis makanan dan minuman tadi, kafein juga termasuk salah satu minuman yang harus di hindari. Kamu dapat menemukan kafein pada minuman seperti teh, kopi, soda dan cokelat. Jika kamu mengkonsumsi makanan dan minuman seperti itu makanan hanya akan memperparah kram dan tegang pada perut. 
Nah itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meredakan nyeri saat menstruasi tanpa obat obatan. Semoga apa yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Cara Cepat Atasi Nyeri Haid tanpa obat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar