Senin, 21 Januari 2019

manfaat daun beluntas

Indonesia telah sejak lama dikenal kaya akan tanaman herbal, salah satu nya ialah tanaman beluntas. Tahukah kamu apa itu beluntas? Nah untuk mengetahui khasiat tanaman herbal asli Indonesia ini, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

beluntas sering kali di tanam oleh orang tua jaman dahulu sebagai pagar alami untuk rumah mereka. Selain mudah di tanam, tanaman beluntas ini memiliki manfaat baik yakni dapat di jadikan sebagai sayuran dan lauk pauk. Tidak hanya di situ, tanaman beluntas ini juga memiliki kandungan air, protein, lemak, abu, serat tak larut, serat larut, serat total, karbohidrat, kalsium, beta karoten serta vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Melalui kandungannya itulah membuat tanaman beluntas ini di percaya memiliki khasiat seperti : 
  • mengobati keputihan
    keputihan menjadi hal yang normal dan sering terjadi pada setiap wanita. Namun ada saja beberapa hal yang dapat membuat keputihan tersebut menjadi tidak normal seperti infeksi bakteri. Nah disini lah peranan penting dari manfaat daun beluntas, yakni kandungan yang ada dalam daun beluntas mampu membunuh bakteri dan kuman penyebab keputihan berlebih dalam vagina
  • Menghilangkan bau badan
    Tanaman beluntas memiliki aroma yang khas sehingga setiap orang dapat mengenali nya, namun di balik aroma nya yang khasi salah satu manfaat daun beluntas ini mampu untuk menghilangkan bau badan bahkan bau mulut. Daun beluntas memiliki kandungan senyawa bioaktif yang bertindak sebagai antibakteri untuk membunuh bakteri penyebab bau tidak sedap pada mulut dan tubuh. 
  • Mengobati lukaManfaat daun beluntas selanjutnya ialah untuk mengobati luka, hal itu di tuturkan oleh jurnal "wound healing activity of pluchea leaf extract" melalui jurnal tersebut di jelaskan bahwa daun beluntas memiliki kandungan yang mampu meningkatkan migrasi sel dan meningkatkan stabilitas koloid sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka. 

Cara mengolah daun beluntas

Di negara negara tetangga daun beluntas ini telah dikenal karena khasiatnya, Banyak yang menjadikan daun beluntas ini semacam teh herbal yang praktis langsung di seduh sebelum di konsumsi. Namun selain di jadikan sebagai teh herbal, kamu juga dapat mengkonsumsi daun beluntas dengan cara lain seperti : 
Di rebus
cara konsumsi daun beluntas dengan cara di rebus memang sudah di lakukan sejak jaman dahulu, sebelum merebus daun beluntas siapkan satu genggam daun beluntas, kemudian cuci hingga bersih lalu rebus dengan 2 gelas air. Diamkan hingga menyusut menjadi 1 gelas saja. Diamkan hingga dingin dan minum. Minumlah rebusan daun beluntas itu dengan rutin sebanyak 3 kali dalam sehari. 

Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daun beluntas untuk kesehatan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

manfaat daun beluntas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar