Jumat, 25 Januari 2019

Tidak Hanya Disukai Karena Rasa Pedas, Ternyata Ini Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

Manfaat cabai - Salah satu makanan khas dari Indonesia yang tidak pernah absen dari menu masakan ialah sambal, sambal merupakan jenis makanan yang terbuat dari cabai. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, rasanya tidak lengkap rasanya jika makan tidak di sertai dengan cabai atau sambal, dan ternyata di balik sensai rasa pedas dan panas yang di hasilkan ketika saat mengkonsumsi cabai ini ada berbagai manfaat baiknya untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Sambal yang berbahan dasar cabai ada di urutan pertama dalam daftar makanan terenak di dunia Menurut beberapa poling yang di lakukan. Di Indonesia memiliki masakan khas yang menggunakan cabai sebagai salah satu bumbu utamanya seperti rendang yang telah terkenal di seluruh dunia sebagai makanan terenak. Cabai yang berwarna merah dan berukuran kecil ini memiliki harga yang tidak stabil sehingga sering kali membuat para penggemarnya tidak nyaman. Puncak ke tidak stabilan harga cabai ada di tahun 2016 hingga awal tahun 2017. Harga cabai di tahun itu melonjak tinggi dengan kisaran harga antara Rp.95.000,. hingga Rp.150.000,. per kg di berbagai daerah. Meskipun memiliki harga yang cukup mahal, Cabai tetap menjadi makanan yang favorit untuk masyarakat di Indonesia. Mereka tidak memperdulikan harga cabai yang melonjak, di balik melonjak nya harga cabai. Ada beberapa manfaat cabai untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui seperti berikut ini : 

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

Para pecinta cabai tidak akan memperdulikan  mengenai kelonjakan harga cabai yang naik dan turun. Sensasi rasa khas dari cabai bisa membuat para pecintanya ketagihan, tidak hanya memiliki rasa yang membuat ketagihan. Cabai ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan,  Cabai memiliki kandungan seperti Beta karoten dan Pro Vitamin A tinggi yang ada dalam warna merah cabai. Setiap dua sendok teh cabai merah memiliki kandungan sekitar 6% dari nilai harian Vitamin C dengan 10% dari nilai harian untuk Vitamin A. Kandungan seperti ini sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru, saluran pencernaan dan saluran kandung kemih yang berfungsi sebagai garis terdepan pertahanan tubuh. Selain Vitamin A dan Vitamin C, Cabai juga memiliki kandungan lainnya seperi zat besi, magnesium, kalium, potasium, air dan capsaicin. Nah kandungan capsaicin inilah yang membuat cabe memiliki rasa pedas yang unik yang memiliki manfaat baik seperi : 
  • DiareBanyak yang beranggapan jika mengkonsumsi cabai dapat membuat pencernaan terganggu seperti sakit perut dan diare. Namun anggapan tersebut sepertinya salah besar, karena pada nyatanya cabai memiliki kandungan Capsaicin yang dapat berfungsi menyehatkan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan cairan pencernaan dalam perut serta memerangi bakter penyebab infeksi. 
  • Sakit Dan Nyeri
    Manfaat cabai selanjutnya ialah untuk mengatasi sakit dan nyeri karena kandungan capsaicin di dalam nya. Kini banyak produk berbagai merek krim ataupun salep yang mengandung capsaicin untuk meredakan nyeri. Capsaicin dapat dioleskan langsung pada bagian tubuh yang sakit atau nyeri seperti sakit kepala sebelah, psoriasis, sariawan hingga berbagai masalah persendian. Capsaicin yang ada dalam cabai mampu mengurangi rasa sakit yang ada dalam tubuh dengan cara bekerja terlebih dahulu merangsang kemudian mengurangi intensitas rasa sakit dalam tubuh. 
  • Antioksidan
    Tidak hanya berperan sebagai pereda nyeri, capsaicin yang ada dalam cabai juga memiliki peranan sebagai antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat molekul berbahaya seperti radikal bebas untuk mencegah infeksi virus dan bakteri
  • Cabai bermanfaa untuk menjaga kesehatan Paru-paru
    cabai memiliki kandungan yang  di duga mampu memperkuat jaringan paru-paru dan membantu mencegah serta mengobati emfisema seperti penyakit paru-paru kronis yang di sebabkan akibat merokok. Kandungan yang ada dalam cabai juga mampu mengencerkan lendir di paru-paru sehingga mudah di keluarkan. 
  • Menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung
    Cabai memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga  tekanan darah dalam tubuh. Hal itu di benarkan menurut penelitian yang dilakukan salah satu ilmuwan kesehatan di Tiongkok. Dengan mengkonsumsi capsaicin yang ada di dalam cabai dalam jangka panjang di duga mampu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol  sehingga penyumbatan darah dapat di cegah. 
  • Mencegah kanker kolektal
    kanker kolektal merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi dalam usus besar. Cabai memiliki kandungan capsaicin yang dapat mengurangi resiko kanker usus besar
manfaat cabai untuk kesehatan memang banyak, namun bukan pula kamu harus mengkonsumsi cabai dalam jumlah berlebihan. Terlalu banyak mengkonsumsi cabai juga dapat membuat tubuh menjadi sakit seperti dapat menyebabkan borok atau luka di usus. Maka dari itu, konsumsilah cabai dengan jumlah yang normal dan tidak berlebihan.  Semoga apa yang kita sampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Tidak Hanya Disukai Karena Rasa Pedas, Ternyata Ini Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar