Kamis, 24 Januari 2019

Manfaat Chia Seed (Biji Selasih) Untuk Kesehatan

Manfaat Chia Seed (biji selasih) - Tahukah kamu apa itu Chia Seed? Sebenarnya Chia Seed bukanlah hal asing bagi kita semua, kita sering menemukan Chia Seed ini pada berbagai olahan menu makanan dan minuman. SEring kita kenal Chia Seed ini dengan istilah biji selasih. Chia Seed atau biji selasih ini sangat kecil, namun di balik itu semua Chia Seed atau biji selasih menyimpan banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh apalagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Yuk langsung saja kita simak informasi nya berikut ini : 

Chia seed merupakan salah satu jenis biji-bijian yang berbentuk kecil seperti tanaman Salvia Hispanical L, Tanaman ini banyak tumbuh di negara Meksiko Dan Amerika Selatan yang kemudian hingga kini banyak menyebar Masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik yang di favoritkan masyarakat Indonesia. Chia Seed ini memiliki rasa yang cenderung hambar, tidak manis, tidak pahit dan juga tidak asin. Chia Seed ini dikenal memiliki banyak manfaat karena kandungannya yang meliputi karbohidrat, protein, air, serat, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6 dan berbagai vitamin serta mineral seperti Vitamin A, Vitamin B, kalsium, Mangan, Fosfor, selenium, kalium, zinc, zat besi, magnesium dan tembaga. Manfaat dari Chia Seed yang paling banyak dikenal ialah untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu karena kandungannya yang memiliki banyak kandungan Vitamin dan mineral membuat chia seed ini memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan seperti : 
  • Menurunkan berat badan
    Banyak yang mempercayai bahwa konsumsi chia seed ini mampu menurunkan berat badan karena kandungan serat nya yang tinggi dan dapat membantu membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan protein yang ada di dalamnya juga di percaya mampu mengurangi keinginan untuk makan. Hal ini telah di bukrikan melalui penelitian terhadap penderita obesitas yang rutin mengkonsumsi chia seed selama kurang lebih 6 bulan, hasilnya selama 6 bulan konsumsi chia seed mampu menurunkan berat badan sekitar 2 kg. Namun konsumsi chia seed ini saja tidak bisa di katakan efektif untuk menurunkan berat badan, kamu juga harus mengimbangi pola hidup dan pola makan yang sehat untuk mengimbanginya. 
  • Baik untuk kesehatan tulangTidak hanya susu saja yang mampu menjaga kesehatan tulang, Chia seed juga mampu melakukan hal itu sama seperti susu. Chia seed memiliki kandungan protein serta mineral yang baik seperti kalsium, magnesium, mangan dan fosfor yang baik untuk membantu tubuh dalam mencegah osteopororsis serta mendukung kesehatan tulang.  
  • Memelihara kesehatan Jantung
    Chia seed memiliki kandungan protein, serat, antioksidan serta lemak baik yang tinggi sehingga dengan sering mengkonsumsi chia seed ini mampu membantu tubuh menjaga kesehatan jantung. hal ini telah di benarkan melalui penelitian bahwa konsumsi chia seed mampu melindungi jantung dari pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung. Namun untuk menjaga kesehatan jantung tidak cukup hanya mengkonsumsi  chia seed, tapi kamu juga harus mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat. 
  • Baik bagi penderita  Diabetes
    Sebuah study melakukan penelitian terhadap manfaat chia seed,  hasilnya menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi chia seed ini kamu dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 dengan cara menjaga lonjakan gula darah dalam tubuh melalui kandungan gizi di dalam nya sehingga dapat membantu tubuh menjaga stabilnya gula darah
  • Baik di konsumsi penderita divertikulosis
    chia seed dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga di percaya mampu mengatasi berbagai masalah divertikulosis. 
Sudah tahu apa itu chia seed dan manfaatnya? Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan,namun cara pengolahan chia seed ini harus dilakukan dengan benar agar mendapat manfaatnya secara maksimal
Semoga apa yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda,. Terima kasih

Manfaat Chia Seed (Biji Selasih) Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar