Selasa, 22 Januari 2019

Jangan Anggap Sepele..!! Ini Manfaat Baik Sarapan Sehat Di Pagi Hari

Sarapan merupakan hal sederhana yang sering kita lakukan di pagi hari sebelum memulai aktivitas siang hari. Namun tahukah kamu jika di balik kata "sederhana" pada sarapan memiliki manfaat baik untuk kesehatan sepanjang hari? yap betul, menu sarapan yang kita konsumsi di pagi hari tentunya akan menentukan seberapa banyak energi yang kita miliki untuk mengawali aktivitas di siang hari. Maka dari itu, yuk simak informasi kesehatan mengenai manfaat sarapan pagi berikut ini :

Pentingnya sarapan di pagi hari tidaklah bisa di pungkiri, hal itu dikarenakan asupan makanan bernutrisi pada pagi hari akan menjadi pagkal energi tubuh di siang hari. Berbekal sarapan pagi yang di penuhi pasokan energi akan membuat kegiatan kita menjadi berjalan dengan baik dan penuh semangat. Berikut ada beberapa fakti dari manfaat sarapan pagi seperti : 
  • Sumber energiuntuk memperlancar aktivitas sepanjang hari dalam melakukan segudang kesibukan maka sangat penting asupan nutrisi bagi tubuh di pagi hari. sarapan berenergi dapat membantu tubuh dalam memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas. Sesibuk apapun kamu, sempatkan lah untuk menikmati sarapan pagi.
  • Menyegarkan otak
    jika kamu membiasakan diri untuk melakukan aktivitas sarapan setiap pagi, maka tubuh kamu akan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis ketika kamu semalaman tertidur. Otak memerlukan asupan energi untuk berfikir untuk daya konsentrasi yang tetap baik. banyak penelitian menyebutkan bahwa melakukan kegiatan sarapan mampu menunjukan hasil positif untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi otak. 
  • Mengontrol berat badan
    lho kok bisa sih sarapan mengontrol berat badan? tentu saja bisa, berbagai penelitian telah dilakukan oleh berbagai university di Indonesia. Hasilnya mereka menyebutkan bahwa saat mengisi perut kosong di pagi hari maka akan menekan nafsu makan di siang hari sehingga kamu tidak terlalu banyak makan di siang hari. orang yang tidak membiasakan diri untuk sarapan cenderung akan membabi buta berbagai jenis menu makanan tanpa memikirkan nutrisinya. 
  • Mengembalikan metabolisme tubuhsaat tertidur, kurang lebih 8 jam tubuh tidak mengkonsumsi makanan apapun sehingga saat pagi hari kadar gula dalam tubuh akan menurun secara drastis. Karbohidrat merupakan jenis sarapan yang cocok untuk menambah sumber energi di pagi hari. Namun jika sarapan ini terlewati maka tubuh akan mengambil cadangan gula lain di lapisan otot, liver, yang sering di sebut dengan glycogen. Kurangnya kadar gula ini akan menyebabkan metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang yang berdampak buruk untuk kesehatan. 
  • Sarapan pagi baik untuk anak-anak
    Manfaat sarapan pagi tidak hanya di perlukan untuk orang dewasa, namun sarapan pagi juga di butuhkan untuk anak-anak terlebih lagi jika si anak dalam usia sekolah. sarapan pagi yang di berikan pada anak merupakan awal persiapan otak anak untuk menerima berbagai pelajaran di sekolah. Dengan membiasakan sarapan pagi pada anak, otak anak akan menjadi lebih fokus sehingga daya tangkap menjadi lebih optimal.
Tips Sarapan Pagi
  • Manfaat sarapan pagi akan kamu dapatkan tergantung dari asupan makanan yang ada dalam porsi sarapan pagi. Berikut ada beberapa tips sarapan pagi untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal bagi tubuh seperti : 
  • Sarapan dengan makanan rendah lemak seperti daging berlemak tinggi
  • sarapanlah dengan makanan yang tinggi protein, seperti susu dan telur
  • Sarapanlah dengan makanan yang kaya serat seperti buah buahan dan sayuran
  • sarapan lah dengan porsi yang cukup dan tidak terlalu banyak. 
Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Jangan Anggap Sepele..!! Ini Manfaat Baik Sarapan Sehat Di Pagi Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar