Senin, 07 Januari 2019

Hipertensi? Turunkan Dengan Cara Konsumsi Timun Seperti Ini

Mentimun atau timun sering di jadikan sebagao lalapan untuk teman makan nasi dan lauk pauk. timun dikenal sebagai jenis sayuran yang dapat menyegarkan mulut, namun selain itu mentimun memiliki kandungan nutrisi yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Lalu apakah benar mentimun mampu menurunkan kadar darah yang tinggi dalam tubuh? Yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :
Hasil gambar untuk timun rebus untuk darah tinggi
mentimun memiliki segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin C, kalium serta antioksidan seperti karotenoid dan tokoferol. salah satu manfaat yang paling banyak dikenal dari timun alah dapat menurunkan hipertensi atau darah tinggi. Tekanan darah yang normal pada setiap tubuh dapat melebihi 140/90 mmHg yang dapat terjadi peningkatan tersebut oleh berbagai hal termasuk pola hidup yang tidak sehat.

Tubuh yang memiliki kadar darah melebihi batas normal dapat menyebabkan penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung koroner dan stroke. hingga menyebabkan tingginya resiko aneurisme, gagal ginjal, gangguan penglihatan bahkan hingga kematian. meskipun hipertensi  tidak bisa di sembuhkan, tapi hipertensi dapat di kendalikan baik melalui obat-obatan maupun dengan cara sederhana dengan menggunakan bahan herbal alami. salah satu tips menurunkan hipertensi paling populer adalah dengan timun rebus. 
timun rebus memiliki kandungan yang sama seperti obat hipertensi ACE inhibitor yang dapat menghambat protein angiotensin dalam darah. bila protein tidak di hambat akan menyebabkan angiotensin || hingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah. 
dalam 50 gram timun mengandung 80 gram kalium dapat dengan efektif dan baik untuk menurunkan kadar darah dalam tubuh dengan cara melebarkan pembuluh darah. antioksidan dalam timun di percaya mampu membantu tubuh memerangi radikal bebas dan stres oksidatif dalam tubuh.  
tidak hanya memanfaat kan kandungan dalam timun saja, namun ada beberaoa cara utama yang dapat anda lakukan untuk mengontrol tekanan darah seperti : 
  • Rutin mengkonsumsi obat tekanan darah
  • mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak
  • berolahraga secara teratur (minimal 30 menit dalam sehari)
  • menjaga berat badan yang ideal dan mengelola stres
  • hindari asap rokok
  • Batasi mengkonsumsi alkohol
Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat timun untuk turunkan hipertensi, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Hipertensi? Turunkan Dengan Cara Konsumsi Timun Seperti Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar