Selasa, 08 Januari 2019

Pernah Mendengar Perut Bunyi Ketika Lapar? Ternyata Ini Penyebabnya..!!

Pernah Mendengar Bunyi "kreuk kreuk" yang berasal dari perut? Banyak orang beranggapan jika perut mengeluarkan bunyi, itu tanda nya perut orang tersebut merasa lapar. Namun bagaimana jadinya jika perut yang telah terisi makanan akan tetapi masih tetap mengeluarkan bunyi? Maka dari itu, yuk langsung saja kita simak informasinya berikut ini :

Sebenarnya perut ketika berbunyi tidak selalu di kaitkan dengan perut lapar, namun perut bunyi adalah hal yang normal dan wajar terjadi pada setiap orang, walaupun beberapa kasus terdapat perut yang berbunyi menjadi salah satu pertanda adanya masalah kesehatan atau adanya sebuah penyakit. Dalam medis bunyi perut ini sering di sebut dengan bunyi "krucuk-krucuk" dari perut keroncongan. penyebab  dari perut berbunyi tidak dapat di pastikan, namun perut akan mengeluarkan bunyi pada saat perut mendekati lapar dan mencium bau makanan.
Walaupun belum di ketahui secara pasti apa penyebab dari perut yang mengeluarkan bunyi, namun dapat di pastikan bahwa sumber bunyi yang keluar dari perut tersebut akibat adanya pergerakan yang di lakukan organ tubuh dalam perut, Dapat terjadi ketika ada atau tidak adanya makanan dalam perut tersebut. Suara tersebut di hasilkan dari organ pencernaan lain dalam perut seperti lambung, usus halus dan usus besar. Gerakan organ tubuh yang mengeluarkan bunyi itu di sebut dengan gerak peristaltik yaitu gerak yang tidak di sadari namun diatur langsung oleh otak. 

Dalam perut terdiri dari saluran pencernaan yang terdiri dari mulut, tenggorokan, usus hingga anus. Beberapa saluran pencernaan tersebut adalah saluran yang hampa udara dan memiliki dinding otot polos/ Ketika dinding tersebut bekerja, maka akan menyebabkan gerak peristaltik yang akan menyebabkan bunyi dari perut. Bunyi perut akan semakin kencang ketika perut merasa lapar, hal itu sebabkan oleh sinyal otak yang mengeluarkan hormon sebagai respon dari perut kosong. Pada saat dua jam setelah mencerna makanan, maka saluran cerna akan mengosongkan semua makanan dari tempatnya yang kemudian otak tersebut dapat membuat otak menjawab sinyal itu untuk menstimulasi otot polos di saluran pencernaan dan memulai gerakan peristaltik. Kontraksi otot dalam perut akan menghilang dengan sendirinya, setidaknya 10 sampai 20 menit setelah ada makanan yang masuk ke dalam perut anda. hal tersebut dapat di simpulkan bahwa ketika ada makanan dalam perut, maka makanan tersebut akan meredam kebisingan yang di hasilkan perut.

Nah itulah alasan mengapa saat perut lapar, perut akan mengeluarkan bunyi. Meski begitu, bunyi yang berasal dari perut tidak hanya di kaitkan dengan perut kosong. Akan tetapi pada saat perut di masuki makanan maka makanan itu akan meredam kebisingan bunyi dalam perut.

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab bunyi perut pada saat lapar, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih. 

Pernah Mendengar Perut Bunyi Ketika Lapar? Ternyata Ini Penyebabnya..!! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar