Selasa, 22 Januari 2019

Tips Sederhana Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Pada masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa terindah bagi seorang ibu, hal itu karena dalam waktu 9 bulan ibu akan merasakan tumbuh kembang janin dalam rahim. Tentu saja kebutuhan nutrisi sebelum dan selama masa kehamilan sangat di butuhkan karena akan memiliki pengaruh penting bagi kesehatan ibu dan si janin. Berikut ada beberapa informasi kesehatan mengenai tips sederhana untuk memenuhi nutrisi yang di butuhkan ibu hamil. Yuk langsung aja nih tips nya :

Dengan asupan gizi dan nutrisi yang baik selama masa kehamilan akan mengurangi resiko berbagai penyakit pada ibu dan si janis seperti komplikasi saat persalinan, kecacatan bayi hingga penyakit kronik di masa mendatang. Selain itu pemenuhan nutrisi ibu hamil juga sangat berpengaruh pada berat badan dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Saat ibu hamil makan, nutrisi akan di serap oleh tubuh melalui peredaran darah yang di alirkan menuju plasenta yang kemudian akan di serap oleh bayi. Asupan makanan nya pun tentu saja tidak sembarangan, ibu hamil harus mengkonsumsi jenis menu makanan yang bervariasi seperti mengandung protein, karbohidrat, lemak, Vitamin, mineral, asam folat serta zat besi. Beberapa kandungan tadi dapat kamu temui dalam beberapa jenis makanan seperti : 
  • Karbohidrat merupakan sumber energi penting bagi ibu dan bayi yang dapat kamu temui pada menu makanan seperti umbi umbian, kentang, singkong dan beberapa jenis makanan manis
  • Protein yang di butuhkan selama masa kehamilan sangatlah bervariasi tergantung pada usia kehamilan. sumber protein hewani dapat kamu dapatkan dalam beberapa menu makanan seperti daging merah, daging unggas, susu dan makanan laut. Sedangkan protein non hewani dapat kamu dapatkan di beberapa menu makanan seperti kacang, tahu, tempe dan kacang polongan
  • Lemak sangat di perlukan ibu hamil untuk cadangan energi yang membantu fungsi tubuh untuk menyerap vitamin seperti vitamin A,D,E dan vitamin K. kamu dapat memenuhi kandungan lemak yang di butuhkan tubuh melalui menu makanan seperti kacang kedelai, minyak jagung, minyak bunga matahari, sayuran hijau dan aneka kacang-kacangan. 
  • Zat besi selama masa kehamilan di perlukan ibu hamil untuk memproduksi hemoglobin. Yaitu protein pada sel darah merah yang memiliki fungsi baik untuk mengangkut oksigen menuju organ dan jaringan tubuh ibu dan janin terutama di kehamilan trimester pertama.
  • Vitamin C Sangat di butuhkan ibu hamil untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi dari sayuran. Kebutuhan Vitamin C dapat kamu penuhi dengan mengkonsumsi aneka buah dan sayur.
Bukan tidak mungkin pada masa kehamilan ibu hamil memiliki keluhan kesehatan, keluhan kesehatan yang paling sering di keluhkan pada masa kehamilan ialah asam lambung. Perubahan pola makan pada masa kehamilan menjadi penyebab utama naiknya asa lambung. Berikut ada beberapa tips yang dapat ibu hamil lakukan untuk mendukung gizi tetap terjaga. Tips nya adalah: 
  • Ibu hamil di anjurkan untuk makan dalam porsi kecil dengan sering sekitar 5-6 porsi kecil setiap hari
  • Makan dan kunyahlah makanan tersebut secara perlahan
  • Batasi minum di saat sedang makan
  • Hindari jenis makanan yang berlemak dan berminyak seperti gorengan
  • Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, berkarbonasi dan asam
  • Perbanyak konsumsi menu makanan yang mudah di cerna seperti pasta, krekers, kentang, nasi, buah-buahan, sayuran, aneka daging, ikan dan telur
  • Hindari untuk makan dan minum mendekati waktu tidur
Nah itu tadi beberapa tips sederhana untuk memenuhi nutrisi selama masa kehamilan. Semoga apa yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. terima kasih

Tips Sederhana Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Pada masa Kehamilan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar