Jumat, 22 Februari 2019

Benarkah Makan Telur Puyuh Bisa Naikkan Kolesterol tinggi?

Telur Puyuh, siapa sih yang tidak kenal dengan telur puyuh. Jenis telur yang berukuran kecil ini sering di temui banyak di konsumsi oleh anak-anak. Namun banyak juga beredar mitos bahwa telur puyuh memiliki tinggi kadar kolesterol. Benarkah? Untuk itu, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Jika berbicara mengenai telur puyuh, dari jaman dulu hingga saat ini banyak yang menawarkan berbagai macam olahan telur puyuh, dari mulai jajanan di sekolah-sekolah hingga penjual nasi uduk di pinggir jalan yang dimana si ibu penjualnya menawarkan sate telur puyuh untuk tambahan lauknya. Berbagai peneliti kesehatan menyatakan bahwa telur puyuh memiliki kandungan vitamin dan protein lebih tinggi di bandingkan dengan telur ayam dengan perbandingan sekitar 13,05 gram vitamin dan protein di setiap 100 gram nya. namun banyak rumor belakangan ini yang menyebutkan bahwa telur puyuh di percaya dapat menjadi salah satu makanan penyebab kolesterol tinggi, Hal itu di benarkan pasalnya dalam telur puyuh yang memiliki ukuran sangat kecil di bandingkan dengan telur ayam memiliki kadar kolestrol lebih tinggi di bandingkan dengan kuning telur ayam pada umumnya. Hal itu dilansir dari detik health. Berikut ada beberapa jenis makanan dengan kadar kolesterol tinggi, dan telur puyuh menjadi list pertama dengan kadar kolesterol paling tinggi : 
  • Telur puyuh (3.640 mg)
  • Otak Sapi (2.300 mg)
  • Kuning telur ayam (2000 mg)
  • Cumi-cumi (1.170 mg)
  • jeroan sapi (380 mg)
  • Mentega (300 mg)
  • Susu sapi (250 mg)
Dan jawaban untuk mitos dan fakta kali ini ialah fakta, bahwa telur puyuh dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol dalam darah jika di konsumsi secara berlebihan. Penderita kolesterol boleh saja mengkonsumsi telur puyuh ini, namun juga tubuh harus membatasi konsumsi makanan jenis lain yang memiliki kandungan lemak jenuh yang mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. sebuah jurnal kesehatan memberikan informasi kepada masyarakat pada tahun 2013 bahwa mengkonsumsi 1 butir telur ayam dengan 2 butir telur puyuh tidak memberikan dampak buruk untuk kadar kolesterol jika di konsumsi oleh orang yang sehat. 
Nah dari pernyataan tersebut dapat kita simpulkan bahwa mengkonsumsi telur puyuh boleh saja jika masih dalam batas yang normal. 

Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mitos dan fakta tentang kolesterol tinggi. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share artikel πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ini ke sosial media kamu agar teman, sahabat, kerabat dan keluarga mendapatkan informasi yang sama. 

Nantukan informasi lainnya tentang kolesterol tinggi hanya disini ..!!

Benarkah Makan Telur Puyuh Bisa Naikkan Kolesterol tinggi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

1 komentar:


  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus