Senin, 18 Februari 2019

Manfaat Brotowali - Jamu Pahit Dengan Ragam Manfaat

manfaat brotowali - Indonesia kaya akan beragam tanaman herbal yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Salah satu yang terkenal dari tanaman khasi indonesia adalah bratawali atau yang sering di sebut juga dengan brotowali. Tanaman yang satu ini, dikenal banyak orang karena rasa pahitnya yang begitu luar biasa. Namun di balik rasa pahit brotowali menyimpan banyak khasiat baik untuk kesehatan. Aapa saja khasiatnya? Yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Khasiat Brotowali - Jamu pahit Dengan ragam Manfaat

brotowali yang memiliki nama latin Tinospora Crispa ini merupakan salah satu jenis tanaman obat tradisional yang telah lama dikenal akan khasiat dan manfaat nya. Brotowali sering digunakan karena kandungannya yang di percaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya ialah diabetes. Banyak sekali kandungan senyawa Fitokimia yang mampu melindungi tubuh anda dari berbagai serangan penyakit. Senyawa fitokimia yang terkandung di dalam brotowali ialah seperti : alkaloid, flavonoid, flavon glikosida, triterpen, diterpen, firoditerpen, lakton, sterol, lignan dan nukleosida. Melalui kandungannya itulah, banyak penelitian yang melakukan penelitian terhadap manfaat dari brotowali. Dari hal itu, dapat kita pastikan bahwa brotowali yang merupakan tanaman obat tradisional dengan ciri khas rasa yang pahit, memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan seperti :

  • Mengobati hipertensi
    Brotowali memiliki beberapa kandungan yang sering di percaya khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan dalam sebuah penelitian tahun 2013 yang di lakukan pada tikus, penelitian tersebut menjelaskan bahwa kandungan dalam brotowali memiliki khasiat untuk menurunkan darah tinggi dengan cara menghambat aktivitas aterosklerosis sehingga kesehatan dapat terjaga terutama kesehatan jantung. Brotowali yang dapat menunda perkembangan aterosklerosis pada pembuluh darah dengan cara menekan kadar kolesterol, dan trigliserida tinggi.
  • Membantu mengontrol diabetes
    Tidak hanya di Indonesia, negara tetangga lainnya seperti THailand, Malaysia, GUyana, Bangladesh dan India telah mengenal manfaat baik dari brotowali dalam pengobatan diabetes. Pernyataan seperti itu telah di buktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan dan kultur sel yang telah menunjukan bahwa brotowali dapat merangsang produksi insulin dari sel beta yang ada di pankreas. 
  • Membantu dalam mengobati penyakit kulit
    Brotowali memiliki kandungan antioksidan serta antiradikal tinggi yang tidak hanya di konsumsi saja, namun bisa juga di jadikan sebagai obat luar untuk mengobati penyakit kulit seperti kudis. 
  • Melawan alergi
    Dilansir dari WebMD yang menjelaskan bahwa brotowali memiliki beberapa kandungan yang dapat dengan signifikan mengurangi bersin dan hidung yang gatal akibat alergi. SElain itu, kandungan dalam brotowali juga dapat mengurangi gejala hidung tersumbat dan gatal akibat alergi. 

Penggunaan brotowali yang berlebihan dapat membahayakan tubuh

Walaupun telah diketahui bahwa brotowali memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, namun pemakaian brotowali untuk kesehatan bisa di konsumsi dengan sewajarnya. Jika kita mengkonsumsi brotowali dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan keracunana hati dan ginjal. Efek samping akibat mengkonsumsi brotowali secara berlebihan tersebut telah dilakukan penelitian terhadap tikus yang menunjukan bahwa ekstrak brotowali dosis tinggi yaitu 4g/kg berat badan kamu atau setara dengan brotowali sebesar 18,95g/kg berat badan yang berpotensi menyebabkan keracunan hati dan ginjal. 

Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat brotowali. semoga apa yang kami sam[aikan dpaat bermafaat untuk anda. Terima kasih

Manfaat Brotowali - Jamu Pahit Dengan Ragam Manfaat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus