Jumat, 01 Februari 2019

Kenalan Yuk Dengan Buah Pala, Ternyata Ini Manfaatnya untuk kesehatan

Manfaat buah pala - Buah pala merupakan salah satu jenis rempah yang sering kita temui di dapur, untuk ibu rumah tangga pasti sudah tidak asing lagi dengan apa itu buah pala.  Yap buah pala ini sering kita gunakan sebagai bumbu tambahan dalam masakan untuk menambah cita rasa khas dari masakan tersebut. Namun selain memiliki citarasa yang khas pada masakan, buah pala ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya mengenai manfaat buah pala, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Manfaat Buah Pala

Buah pala berasal dari tanaman pohon yang awal nya ada di kepulauan Banda, Maluku yang hingga kini menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia. BUah pala ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram buah pala memiliki kandungan 525 kalori. Selain kalori, berikut ada beberapa kandungan zat gizi lainnya yang bisa kamu dapatkan dalam 100 gram buah pala : 
  • Lemak Total sebanyak 36 gram atau 56% dari angka kebutuhan gizi harian
  • Protein sebanyak 6 gram atau 12% dari angka kebutuhan gizi setiap harian
  • Sodium sebanyak 15 miligram atau setara dengan 1% dari AKG
  • Zat Besi 17% dari AKG
  • Kalsium 18% dari AKG
  • Vitamin A 2% dari AKG
  • Vitamin C 5% dari AKG
Melalui berbagai kandungan dan nutrisi yang ada di dalam buah pala, berikut ada beberapa manfaat buah pala yang baik untuk kesehatan tubuh sepeerti : 
  • Buah pala dapat meningkatkan kesehatan otak
    Buah pala memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan senyawa yang ada dalam buah pala ialah senyawa Myriscitin dan macelignan. kedua senyawa ini bekerja untuk mengurangi kerusakan sistem dan fungsi kognitif yang umumnya di derita oleh pasien demensia atau penderita penyakit alzheimer serta dapat meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan lelah serta stres yang kamu alami. 
  • Mengurangi rasa sakit
    Buah pala memiliki komponen yang sangat mirip dengan menthol, yaitu sama sama memiliki khasiat mampu menghilangkan rasa sakit secara alami. Oleh karena itu, dengan kamu menambahkan buah pala dalam masakan akan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka, ketegangan atau bahkan peradangan kronis akibat kondisi seperti arthritis
  • Mengatasi berbagai masalah pencernaan
    Buah pala memiliki kandungan serat tinggi yang dapat bekerja merangsang proses pencernaan dengan cara mendorong gerakan peristaltik pada otot polos usus. kandungan serat  yang ada dalam buah pala juga dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan perut kembung
  • Menjaga kesehatan mulut
    Selain memiliki kandungan serat tinggi, buah pala juga memiliki kandungan yang bersifat antibakteri untuk membersihkan seluruh bakteri penyebab bau mulut atau halitosis. Karena itulah buah pala ini cocok di gunakan dalam campuran pasta gigi atau obat kumur herbal
  • Buah pala bisa mengatasi insomnia
    tidur merupakan aktivitas yang sering dan sangat di perlukan tubuh untuk mendapatkan energi setelah lelahnya aktivitas dalam keseharian. Namun tidak jarang orang mengalami penyakit susah tidur atau insomnia yang mengakibatkan tidak tercukupinya waktu istirahat. Kamu bisa mengatasi hal itu dengan rajin mengkonsumsi buah pala. Buah pala memiliki kandungan magnesium tinggi yang baik untuk mengurangi ketegangan saraf, bahkan dapat bekerja sebagai perangsang pelepasan serotonin yaitu hormon yang mampu menciptakan rasa rileks. 
  • Mengendalikan tekanan darah
    Buah pala juga mengandung mineral cukup yang mampu dengan efektif menjaga fungsi organ hati. Kalium dalam buah pala dapat meregangkan pembuluh darah sehingga darah dapat berjalan dengan lancar dan menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskular. 
Nah itulah beberapa manfaat buah pala untuk kesehatan, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat baik untuk anda. Terima kasih 😊

Kenalan Yuk Dengan Buah Pala, Ternyata Ini Manfaatnya untuk kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar