Rabu, 06 Februari 2019

Manfaat Baik Raja Buah "Durian" Untuk kesehatan

manfaat Durian - Durian merupakan salah satu jenis buah buahan yang familiar di kalangan masyarakat Indonesia, Durian ini dikenal karena memiliki Cita rasa yang unik. Dengan ke unikan tersebut durian sering di juluki sebagai rajanya buah buahan. Namun di balik rasanya yang unik, ternyata durian memiliki kandungan baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Nah untuk mengetahui apa saja khasiat yang di hasilkan dari durian, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Buah Durian

Durian yang di juluki sebagai rajanya buah buahan ini merupakan salah satu jenis buah tropis yang berasal dari Kawasan Asia Tenggara. Buah durian ini menjadi salah satu buah yang kontroversial dan banyak di gemari karena rasanya yang unik.  Namun tidak jarang beberapa kalangan akan menghindari buah durian karena baunya yang sangat menyengat. keunikan dari buah durian di dapatkan dari dagingnya yang lembut serta kulit berduri yang memiliki banyak mitos beredar tentang kesehatan. Durian sering dianggap sebagai salah satu buah yang dapat meningkatkan kolesterol, akan berdampak berbahaya jika di konsumsi bersama kopi dll. Namun hal itu sangatlah tidak benar, durian justru memiliki kandungan nutrisi baik yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Kandungan Gizi dan Nutrisi Durian

Hampir keseluruhan manfaat durian di hasilkan dari kandungan vitamin dan mineral di dalam nya. Yakni durian memiliki kandungan Vitamin C yang melimpah, potasium, asam amino triptofan, asam folat, asam pantotenat, thiamin, riboflavin, niacin dan B6. Di dalam 100 gram daging buah durian mampu mencukupi kebutuhan Vitamin C harian yang di butuhkan tubuh hingga 32% banyaknya. Selain Vitamin C, di dalam 100 gram daging buah durian juga mengandung senyawa lainnya seperti antioksidan, asam kafeat, antosianin dan quercetin. Dengan kandungan seperti itu beberapa ahli gizi dunia menyarankan konsumsi durian sebagai sumber lemak mentah. Namun tentu saja konsumsi nya pun perlu di batasi karena durian masuk ke dalam salah satu buah berindeks glikemis tinggi. 

Manfaat Buah Durian

Sama seperti jenis buah buahan lainnya, durian memiliki berbagai kandungan Vitamin dan nutrisi yang bermanfaat baik untuk kesehatan seperti : 

  • Sumber energi
    durian dikenal sebagai buah buahan yang memberikan sumber energi cukup untuk tubuh, hal itu dikarenakan dalam 100 gram daging buah durian memiliki kandungan 147 kalori yang termasuk kalori tinggi di bandingkan dengan jenis buah buahan lainnya. Durian juga memiliki kandungan gula alami seperti fruktosan dan sukrosa yang mudah di cerna tubuh untuk mengembalikan energi dengan cepat. Buah durian juga mengandung potasium tinggi yang mampu mengurangi rasa lelah. 
  • Melancarkan pencernaan
    Durian memiliki kandungan serat pangan yang tinggi untuk membantu melindungi membran mukosa usus dari paparan racun yang akan mengikat senyawa kimia penyebab kanker. Serat pangan yang di hasilkan dari durian juga bermanfaat untuk merangsang gerakan peristaltik usus serta sekresi cairan lambung yang dapat melancarkan pencernaan
  • Mengontrol tekanan darah
    Durian memiliki kandungan potasium tinggi dengan sodium berjulah sedang yang kduanya bermanfaat baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi dalam tubuh. potasium berfungsi untuk mengontrol fungsi otot seluruh tubuh termasuk jantung, potasium akan mengatur detak pada jantung dan memastikan kelancaran aliran darah ke sistem lain. Potasium juga di perlukan tubuh untuk mengontrol kadar sodium dalam darah. 
  • Mencegah kanker
    kandungan vitamin C tinggi yang ada dalam daging buah durian ini ternyata berfungsi sebagai senyawa antioksidan yang baik untuk mengurangi tekanan oksidatif yang dapat merusak DNA hingga menyebabkan kanker. VItamin C juga sangat di butuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain Vitamin C, buah durian juga memiliki kandungan fitonutrien lain di dalamnya yang bermanfaat sama seperti vitamin C dalam buah durian
  • Menjaga kesehatan tulang
    Daging buah durian memiliki kandungan magnesium, potasium, mangan dan tembaga yang bermanfaat sebagai peranan penting dalam mempertahankan kesehatan dan kekuatan tulang.
Nah itulah beberapa manfaat yang dapat di hasilkan dari buah durian, namun tentu saja perlu di perhatikan cara konsumsinya,. Konsumsi lah buah durian secukupnya dan tidakl berlebihan, karena jika mengkonsumsi buah berlian secara berlebihan akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan. 

Manfaat Baik Raja Buah "Durian" Untuk kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar