Minggu, 10 Februari 2019

Manfaat baik kulit Kentang untuk kesehatan

Manfaat kulit kentang - Kita sering mengenal kentang sebagai salah satu jenis umbi umbian yang sering di jadikan sebagai bahan dalam berbagai jenis menu makanan. Sebelum mengolah kentang menjadi berbagai jenis menu makanan sering kali kita mengupas dan membuang kulit kentang begitu saja. Namun setelah kamu menyimak artikel ini, jangan langsung buang kulit kentang. Tapi manfaatkanlah untuk menjaga kesehatan. Memangnya kulit kentang ada manfaatnya? Lalu apa saja manfaat dari kulit kentang? Nah untuk mengetahui informasi selengkapnya yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Manfaat Kulit Kentang

Dalam berbagai jenis olahan menu makanan, terkadang kita selalu membuang kulit kentang dengan begitu saja,. Padahal dalam kenyataanya, kulit kentang justru memiliki beberapa kandungan nutrisi yang hampir sama dengan daging kentang seperti : Vitamin C, Serat, kalium, zinc, zat besi, mangan, vitamin B6 serta folat yang masing masing nutrisi tersebut memiliki manfaat baik untuk kesehatan seperti : 
  • Kalium
    Kulit kentang memiliki kandungan kalium yang bermanfaat sangat baik untuk menjaga serta melindungi fungsi organ ginjal, jantung, sistem syaraf dan otot dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi kentang beserta dengan kulit nya, maka kamu bisa memenuhi setengah dari kebutuhan kalium tubuh kamu perhari. 
  • Serat
    Selain kalium, kulit kentang juga memiliki kandungan serat yang cukup sekitar 1 gram setiap ons nya. Serat yang ada dalam kulit kentang ini memiliki manfaat baik untuk membuat perut menjadi kenyang lebih lama serta membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan
  • Sumber Vitamin C yang baik
    Vitamin C di butuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhannya dalam meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit yang di sebabkan oleh virus dan bakteri. KIni kamu bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan cara mengkonsumsi kentang tanpa mengupas kulitnya.
  • Mangan
    Zat nutrisi mangan sangat di butuhkan tubuh untuk mengolah karbohidrat, kolesterol dan protein menjadi energy dalam tubuh. Nah dengan mengkonsumsi kentang tanpa mengupas kulit nya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan zat mangan kamu hingga sepertiga dari kebutuhan mangan harian. 
  • Memiliki kandungan sumber nutrisi alami seperti folat, zinc dan zat besi
    Selain Kalium, serat dan vitamin C. Kulit kentang juga memiliki beberapa kandungan nutrisi lainnya yang tidak kalah baik untuk tubuh seperi folat, zinc dan zat besi yang di percaya mampu bermanfaat baik untuk tubuh. Folat dalam kulit kentang baik untuk menjaga kesehatan mata, zinc dapat membantu tubuh untuk memperbaiki dan menjaga sistem pencernaa serta metabolisme tubuh, Zat besi dalam kulit kentang bermanfaat baik untuk membantu tubuh dalam pembentukan hemoglobin. 
Nah setelah mengetahui informasi tadi, dapat kita simpulkan bahwa kulit kentang tidak berbahaya jika di makan. Namun sebelum mengkonsumsinya perlu di perhatikan juga Kebersihan dalan mengolahnya. Cuci bersih kentang dengan kulit nya dalam air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel dalam kulit kentang. 

Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat baik untuk anda, Terima kasih.

Manfaat baik kulit Kentang untuk kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar