Minggu, 10 Februari 2019

Manfaat Pemberian ASI Untuk Ibu Dan Bayi

Manfaat ASI Untuk ibu Dan Bayi - Memberikan ASI kepada Bayi merupakan serangkaian proses dari mulai kehamilan hingga kelahiran yang dapat menentukan tumbuh kembang bayi setelah di lahirkan. Tidak sedikit Sekarang ibu yang memilih ASI secara eksklusif atau hanya memberikan ASI saja tanpa batuan susu formula, air putih maupun makanan padat lainnya selama 6 bulan. Entah itu karena kesadaran sendiri, namun ada pula beberapa ibu yang mengikuti hal ini karena anjuran agama, pemerintan, tenaga kesehatan serta lingkungan sekitar yang tentunya ibu tidak mengetahui secara pasti apa manfaatnya. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari pemberian ASI eksklusif untuk ibu dan bayi, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Manfaat Pemberian Asi Eksklusif untuk ibu dan bayi

pemberian ASI pada bayi pasca melahirkan merupakan suatu hal yang vital dan sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang serta kesehatan bayi. Mengingat begitu pentingnya pemberian ASI, pemerintan Indonesia telah mengeluarkan peraturan No.33 tahun 2012 tentang ASI eksklusif. Dalam peraturan pemerintah tersebut, pemerintah menyebutkan bahwa setiap bayi berhak mendapatkan ASI minimal 6 bulan karena ASI tersebut merupakan hak seorang bayi. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kini banyak beragam jenis produk susu formula yang memiliki banyak kandungan gizi hampir sama dengan ASI. Namun tentu saja, pemberian ASi dengan susu formula jelas saja memiliki manfaat yang berbeda untuk ibu dan bayi. berikut beberapa manfaat pemberian ASI  eksklusif pada bayi : 
  • Membantu mencegah konstipasi pada bayi
    Pemberian ASI pada bayi memiliki manfaat baik untuk mencegah konstipasi karena ASI yang mudah di cerna oleh tubuh bayi sehingga bisa membantu mencegah PUP yang keras akibat kurangnya cairan dalam tubuh bayi. untuk menghindari hal itu, ibu bisa memberikan ASI secara eksklusif pada bayi dengan rutin tanpa bantuan  makanan atau minuman tambahan lain selama 6 bulan terhitung mulai dari bayi lahir. 
  • Mengurangi resiko kegemukan serta diabetes
    Pemberian ASI tidak hanya bermanfaat pada bayi dalam usia kecil saja, namun pemberian ASI juga bisa memberikan manfaat baik untuk mencegah serta mengurangi resiko anak mengalami kegemukan atau obesitas serta diabetes tipe-2 di kemudian hari.
  • Membantu mencegah bayi mengalami alergi dan asma
    Pemberian ASI yang eksklusif pada bayi bisa membuat daya tahan tubuh bayi menjadi meningkat untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan rusak atau menurunnya daya tahan tubuh seperti alergi dan asma
  • Membantu mencegah SIDS
    S
    IDS atau Sudden infant Death Syndrome merupakan gejala kematian mendadak yang terjadi pada bayi di bawah usia 1 tahun. Dengan memberikan ASI secara eksklusif dapat membantu mencegah Terjadinya SIDS atau kematian bayi secara mendadak. 
  • Membantu mencegah kerusakan gigi
    Susu formula umumnya mengandung gula yang bisa merusak gigi, ASI dikatakan lebih baik untuk di konsumsi bayi karena bisa mencegah kerusakan gigi di kemudian hari
  • Bayi Lebih cerdasPemberian ASI pada bayi telah dilakukan penelitian, menurut penelitian pemberian ASI pada bayi secara rutin minimal 6 bulan umumnya akan membuat bayi atau anak memiliki perkembangan otak yang baik.
  • Membantu rahim ibu menjadi normal pasca melahirkan
    Dengan memberikan ASI tidak hanya bayi saja yang mendapat manfaat, namun juga ibu memiliki beberapa manfaat penting lainnya untuk kesehatan. Salah satunya dapat membantu mengembalikan rahim ke ukuran normal setelah melahirkan
  • Mengurangi resiko kanker paudara dan rahim
    Penelitian telah membuktikan bahwa seorang ibu yang memberikan ASI secara eksklusif pada bayi memiliki resiko sangat kecil untuk menderita kanker payudara dan kanker rahim di bandingkan dengan Ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif pada bayi
  • Membantu diet setelah melahirkan
    Setelah melahirkan biasanya ibu akan memiliki berat badan yang jauh berbeda sebelum mengalami kehamilan. Hal ini dapat di atasi hanya dengan cara memberikan ASI eksklusif pada bayi. Dengan menyusui, ibu akan menghabiskan kalori yang cukup banyak untuk membantu diet atau penurunan berat badan setelah melahirkan. 
Selain itu, pemberian ASI secara eksklusif pada bayi bisa membantu perekonomian keluarga dengan cara mengurangi pembelian susu formula. 

Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat ASI untuk ibu dan bayi,. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat baik untuk anda. Terima kasih

Manfaat Pemberian ASI Untuk Ibu Dan Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus