Minggu, 10 Februari 2019

Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil

Manfaat yoga - Yoga merupakan salah satu jenis aktivitas berolahraga yang aman dan sering dilakukan untuk ibu dalam masa kehamilan. Jenis olahraga yoga ini sering diminati oleh para ibu hamil karena selain sehat juga tidak memerlukan kekuatan fisik yang berlebih yang tentunya aman untuk janin. Lalu apa saja manfaat yoga pada ibu hamil? untuk mengetahui info lebih jelasnya, Yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil

Yoga prenatal atau yang kerap kali di sebut dengan yoga hamil memiliki manfaat baik untuk ibu hamil. Yoga ini berbeda dengan jenis yoga lainnya yang dilakukan oleh mereka dalam keadaan tidak hamil. Yoga yang dilakukan dalam keadaan hamil akan lebih memperhatikan gerak fisik karena mengingat adanya janin dalam kandungan. Ada banyak manfaat yang di hasilkan dari yoga untuk ibu hamil. Namun jika hanya pertama kali dilakukan, yoga akan menyebabkan ibu hamil merasa kelelahan. Jika sudah lelah, maka jangan lupa untuk rehat sejenak di sela sela latihan. Tidak perlu terburu-buru saat berlatih, karena dalam melakukan yoga prenatal yang terpenting ialah ibu hamil merasa nyaman dan rileks sehingga bisa merasakan manfaat baiknya untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat baik yoga untuk kesehatan ibu hamil : 
  • Membantu meningkatkan keseimbangan tubuh serta mengurangi rasa nyeri pada pinggang
    Dari banyaknya manfaat yoga untuk ibu hamil, salah satunya adalah untuk meningkatkan keseimbangan tubuh dan juga bisa untuk mengurangi rasa nyeri pinggang yang umum dialami oleh ibu hamil akibat pertumbuhan janin dalam rahim yang mengakibatkan keseimbangan tubuh dan sakit pada pinggang yang berkepanjangan. Nah gerakan pada yoga dapat membuat sirkulasi darah dalam tubuh ibu hamil mejadi lancar, melatih keseimbangan tubuh serta membantu meregangkan otot pinggang
  • Membantu rileksasi dan lebih mudah beristirahat
    Dalam masa kehamilan, pada umumnya ibu hamil akan merasakan cemas dalam waktu berkepanjangan akibat memikirkan perkembangan janin dalam kandungan, persiapan lairan sampai makanan bernutrisi apa yang akan di cerna setelah melahirkan. Semua yang ada dalam fikiran ibu hamil akan menyebabkan ibu hamil sulit untuk tidur. Kecemasan tersebut akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan trimester ketiga ibu hamil yang akan menyulitkan ibu hamil dalam memilih posisi tidur. Dengan berlatih yoga, ibu hamil bisa merasakan manfaat baiknya untuk membantu tubuh menjadi lebih tenang dan rileks dikala cemas. Ibu hamil juga bisa mencegah insomnia dengan mempraktikan gerakan relaksasi atau suasana yang bisa di latih di akhir kelas yoga dengan mendengarkan musik
  • Belajar Tekhnik Pernapasan
    t
    ekhnik pernapasan yang baik sangat di butuhkan untuk ibu yang sedang berbadan dua. hal ini karena tekhnik pernapasan yang baik akan memberikan efek baik pula untuk mental saat melahirkan nanti. Dalam proses persalinan, bernafas dengan baik akan membantu anda mengurangi atau mengontrol rasa sakit saat proses kontraksi. 
  • Melatih untuk mempersiapkan area pinggul saat proses melahirkan.
    Yoga yang dilakukan ibu hamil bisa meliputi banyak gerakan, gerakan gerakan tersebut di tunjukkan ibu hamil untuk membantu mempersiapkan otot-otot di area pinggul agar lebih lentur dan fleksibel dalam menjalankan proses melahirkan. Beberapa gerakan yang sangat membantu ialah gerakan seperti squat atau jongkok yang biasanya di latih berulang kali untuk membuka area pinggul dan pelvis. 
  • Menjalin ikatan kuat dengan janin
    Dari banyaknya manfaat yoga, salah satu manfaatnya ialah untuk menjalin ikatan kuat janin dengan janin dalam kandungan. Gerakan yoga akan membuat bayi dalam kandungan merasa nyaman, Instruktur yoga juga sering mengarahkan beberapa cara untuk berkomunikasi dengan janin seperti mengusap perut sebelum memulai yoga atau bahkan meminta kamu memberitahukan janin bahwa kamu dan janin akan bergerak bersama. 
Yoga ini bisa dilakukan secara bersama dengan ibu hamil lainnya, atau dilakukan sendiri di rumah secara individu.. 

Itulah beberapa manfaat baik yoga yang dilakukan ibu hamil untuk kesehatan ibu dan janin. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat baik untuk anda, Terima kasih

Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar