Minggu, 10 Februari 2019

Manfaat Pijat Batu Panas untuk Kesehatan

Manfaat pijat batu panas untuk kesehatan - pijat merupakan satu istilah umum yang di berikan pada kegiatan memberikan tekanan pada anggota tubuh terutama kulit, otot dan urat dengan tekhnik tertentu. Berbagai terapi pijat bisa kamu temui dari mulai spa atau bahkan tukang pijat tradisional yang bisa di panggil ke rumah. Namun selain itu, beberapa tahun belakangan ini ada salah satu metode pijat yang sedang menjadi trend dan banyak di gunakan. Jenis pijat tersebut ialah pijat batu panas yang dikenal baik untuk kesehatan. lalu apa saja manfaatnya? yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Manfaat Pijat Batu Panas

Pijat batu panas sering di sebut juga dengan hot stone massage merupakan satu terapi pijat unik yang menjadi trend beberapa tahun belakangan ini. Batu yang di gunakan dalam terapi pijat ini bukan batu sembarangan, melainkan batu basal atau batu vulkanik yang dapat mempertahankan panas dalam jangka waktu yang lama. Jeni pijat batu panas ini di percaya baik untuk mengobati pegali linu. Namun selain pegali linu, terapi pijat batu panas ini juga bisa bermanfaat baik untuk kesehatan lainnya hingga mencegah kanker. Selama pemijatan berlangsung, batu panas yang telah di haluskan akan di letakan pada beberapa titik tertentu di tubuh seperti sepanjang tulang belakang, atas perut, di dada, di wajah, telapak tangan, kaki hingga di letakan pada jari kaki. Terapis pijat juga akan menggunakan beberapa jenis gerakan untuk memijat tubuh kamu, mulai dari gerakan memanjang seperti kerokan, melingkar, di gerarkan lewat alat khusus, di ketuk-ketukan ke tubuh atau hingga gerakan seperti menguleni adonan. Semua gerakan tersebut tentu saja memiliki tujuan tersendiri untuk dilakukan. Setelah menempelkan batu panas, terapis biasanya akan menempelkan juga batu dingin yang bertujuan untuk menenangkan kulit dan pembuluh darah yang melebar akibat panas. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang di hasilkan dari pijat batu panas seperti berikut ini : 
  • Mengurangi stres dan kecemasan
    Selain untuk mengurangi pegal linu, terapi pijat batu panas ini juga bisa di lakukan untuk mengurangi stres dan kecemasan. Sebuah peneliti melakukan penelitian pada tahun 2001 yang memperlihatkan dengan jelas bahwa pijat batu panas selama 10 menit bisa meningkatkan respon jantung. 15 menit pijat batu panas dapat menurunkan stres secara siginifikan di bandingkan dengan istirahat tanpa melakukan pijat. Bahkan The American Massage Therapy Association juga telah menyebutkan bahwa terapi pijat batu panas merupakan metode yang efektif untuk menghilangkan stress
  • Membuat tidur menjadi lebih nyenyak
    Pijat batu panas di ketahui dapat membantu anda untuk memiliki waktu tidur yang lebih berkualitas. Meskipun belum di ketahui mengapa, namun sebuat study literatur dapat memperlihatkan bahwa pijat dapat menjadi pilihan efektif untuk di jadikan sebagai salah satu alternatif selain obat bagi penderita insomnia. pijat batu panas yang di lakukan di area punggung akan membantu meningkatkan relaksasi dan membantu tidur dalam keadaan nyaman dengan bangun yang lebih aktif dan segar.
  • Meredakan gejala dari penyakit autoimun
    Pijat batu panas juga bisa di lakukan untuk meredakan rasa nyeri akibat kondisi medis seperti fibromyalgia dengan cara memijat area tertentu selama 30 menit, alhasil akan memberikan efek tidur lebih malam dan penurunan substansi yang dapat mencetuskan rasa nyeri. 
  • Mengurangi Resiko gejala penyakit kanker
    Pijat batu panas telah melalui penelitian besar yang dilakukan selama tiga tahun dengan hasil yang signifikan. Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa pijat batu panas dapat menurunkan stress, kecemasan, depresi, rasa mual serta kelelahan pada penderita kanker. penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa tekhnik pemijatan yang dilakukan pada pijat batu panas dapat membantu penderita kanker dalam menghadapi gejala kanker nya. 
  • Pijat batu panas bisa meningkatkan daya tahan tubuh
    lagi dan lagi, pijat batu panas ini telah melewati penelitian lagi yang dilakukan pada tahun 2010 untuk memperlihatkan bahwa pijat batu panas ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. penelitian di lakukan dengan cara mengambil sempel darah peserta sebelum dan sesudah pijat batu panas yang menunjukan adanya penurunan kdar arginine-vasopressin, sebuah hormon yang bekerja untuk membantu mengatur tekanan darah dan retensi air. 
Nah itu dia beberapa manfaat baik yang di hasilkan dari pijat batu panas yang sedang trend saat ini, namun selain manfaatnya. Pijat batu panas juga harus di perhatikan resiko yang di timbulkannya. berkonsultasilah terlebih dahulu mengenai kondisi tubuh kamu, sebelum kamu memilih metode pijat batu panas ini.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat baik untuk anda, terima kasih 

Manfaat Pijat Batu Panas untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar