Minggu, 03 Februari 2019

Khasiat Dan Manfaat Rebung Bambu Kuning Untuk kesehatan

manfaat rebung bambu kuning - Tanaman bambu memiliki aneka ragam, salah satu contohnya ialah bambu kuning. Bambu kuning ini telah sejak lama dikenal sebagai tanaman hias yang sering di tanaman di area pekarangan rumah. Selain dikenal sebagai tanaman hias,bambu kuning memiliki rebung, yang dikenal dalam aneka kuliner sebagai menu dalam masakan. Dengan mengkonsumsi rebung bambu kuning tidak hanya lezat saja, namun ternyata ada beberapa khasiat lainnya yang baik untuk kesehatan. Lalu apa saja khasiat yang di hasilkan dari rebung bambu kuning ini? yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Rebung Bambu Kuning

Bambu kuning yang sering di sebut dengan Bambusa Bulgaris dalam bahasa biologi ini memiliki ciri pada pembuluhnya yang tegak, berwarna kuning serta memiliki garis mengkilap setinggi 30 meter dengan diameter 5-10 cm. Selain dikenal sebagai tanaman hias, bambu kuning juga memiliki tunas muda yang sering di sebut rebung. Rebung ini sering di konsumsi dan diolah menjadi berbagai menu makanan. namun ternyata, selain enak untuk di konsumsi rebung bambu kuning juga ternyata memiliki manfaat luar biasa yang jarang diketahui untuk kesehatan seperti : 
  • Rebung bambu kuning memiliki manfaat sebagai obat penyakit liver
    Rebung yang ada di bambu kuning memiliki kandungan hidroksida bemsaldehid yang merupakan suatu fenol mirip dengan gugusan silimarin dan kurkumin. Nah kedua jenis gugusan ini memiliki khasiat sebagai antiracun hati yang dapat dengan baik memperbaiki fungsi hati. gugusan silimarin yang ada di dalam rebung bambu kuning ini telah sejak lama di gunakan sebagai obat liver di pasaran dengan merk dagang legalon. Bahkan kandungan senyawa dan khasiat dari rebung bambu kuning ini telah dilakukan penelitian terhadap khasiat nya pada penelitian di Jerman. 
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat
    Rebung bambu kuning berperan sebagai fitosterol yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal senyawa bebas yang berbahaya bagi tubuh manusia. Rebung bambu kuning juga mengandung protein yang berfungsi baik untuk menjaga kesehatan sel dalam tubuh. kandungan kandungan itulah yang telah di 
  • Manurunkan berat badan
    Nah rebung bambu kuning ini baik di konsumsi untuk kamu yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Rebung bambu kuning memiliki kandungan serat tinggi yang akan membuat perut mudah kenyang bila di konsumsi sehingga akan membuat perut tidak mudah laparrr.
  • Anti kanker
    Rebung bambu kuning memiliki kandungan lignan di dalamnya yang dimana kandungan tersebut mampu melawan kanker dalam tubuh sehingga virus penyebab kanker tersebut akan di lawan dengan lignan yang terdapat dalam rebung bambu kuning. Maka dari itu, karena kandungan lignan tersebut membuat rebung bambu kuning sering di katakan sebagai antikanker. 
  • meningkatkan sistem imunitas
    Rebung bambu kuning memiliki kandungan asam fenolik yang bekerja sebagai antioksidan untuk melawan serta membunuh virus penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh sehingga sistem imun dapat terjaga. 
Nah itulah sedikit informasi mengenai manfaat rebung bambu kuning untuk kesehatan. perlu di perhatikan, sebelum mengkonsumsi rebung. Cara pengolahan yang kamu lakukan dalam mengolah rebung akan menentukam seberapa banyak kandungan rebung yang masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, olah lah rebung bambu kuning dengan benar agar mendapatkan kandungan dan manfaat seutuhnya. 

Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih 😊

Khasiat Dan Manfaat Rebung Bambu Kuning Untuk kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar