Jumat, 01 Februari 2019

Menilik Positif Dan Negatif Water Birth

Positif Dan Negatif Water Birth - Sebagai seorang wanita, kamu pasti pernah mendengar apa itu water birth. Water birth merupakan salah satu metode persalinan yang sedang menjadi trend masa kini dimana ibu yang akan bersalin memilih metode persalinan di dalam kolam yang berisi air hangat. Walaupaun terdengar seperti memiliki kenyamanan jika melakukan proses persalinan dalam air, namun water birth juga memiliki beragam resiko yang jelas tidak baik untuk ibu dan bayi. Untuk mengetahui apa itu dampak positif dan negatif dari water birth, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini : 

Water Birth

Meskipun terlihat memiliki kenyaman tersendiri, namun untuk melakukan water birth memerlukan persiapan yang lebih banyak di bandingkan dengan persalinan normal biasanya. Terlebih lagi jika rumah sakit yang menawarkan water birth di Indonesia ini masih sangat jarang. Berikut beberapa manfaat dan resiko water birth yang perlu kamu ketahui : 

Manfaat Water Birth

Melahirkan dalam air tentunya memiliki cara yang sangat berbeda dengan melahirkan secara biasa, Ibu hamil yang akan melakukan persalinan dengan metode water birth akan menggunakan ai hangat untuk membuat tubuh ibu menjadi tetap rileks, nyaman dan lebih terkontrol. JIka semua itu di dapatkan, maka akan membuat rasa sakit yang di rasakan ibu saat melahirkan berkurang. Air juga bisa mengurangi kadar hormon stres sehingga dapat memungkinakn tubuh ibu memproduksi hormon endorfin yang lebih berfungsi sebagai penghambat nyeri. 
Manfaat water birth atau melahirkan dalam air juga akan membuat ibu lebih mudah bergerak sehingga ibu bisa mencari berbagai posisi yang nyaman untuk melahirkan. Manfaat lainnya, yaitu dapat membuat kontraksi rahim lebih efisien serta dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga aliran oksigen ke rahim menjadi lebih optimal, sakit berkurang dan oksigen yang di alirkan ke bayi juga akan cukup. air yang digunakan untuk melakukan metode water birth juga akan membuat otot perineum lebih elastis dan santai sehingga dapat mengurangi tingkat keparahan robek vagina.
Selain bermanfaat untuk ibu, water birth juga bermanfaat untuk bayi. Air yang di gunakan dalam metode water birth mampu memberikan lingkungan yang hampir sama dengan lingkungan yang ada dalam kandungan, cairan ketuban. dengan hal ini dapat mengurangi stres bayi saat lahir serta meningkatkan rasa nyaman bagi bayi saat tidur. 

 Resiko Water Birth

Selain memiliki cukup manfaat baik untuk ibu dan bayi, namun water birth juga memiliki resiko tersendiri bagi ibu dan bayi, salah satunya infeksi yang akan terjadi pada ibu dan bayi. Namun, berbagai ahli mempercayai bahwa water birth aman dilakukan tanpa infeksi jika di barengi dengan sterilisasi yang tepat. ke khawatiran selanjutnya saat memilih water birth ialah takut bayi akan bernapas di dalam air sehingga menghirup air. Namun sebenarnya hal ini tidak perlu di khawatirkan karena pada saat bayi lahir tidak akan langsung mengambil nafas, bayi akan bernapas ketika ia terkena udara atau saat tali pusar bayi di potong. Jadi selama bayi memiliki tali pusar yang belum di potong, bayi belum bernafas dan masih mengandalkan oksigen dari tali pusarnya. 
ke khawatiran melakukan proses persalinan dengan metode water birth ini akan berkembang jika terjadi masalah dengan tali pusar saat bayi di lahirkan. Tali pusar bayi dapat terpuntir, tertekuk atau mungkin akan putus sesaat sebelum bayi keluar dari air, Hal ini yang akan lebih memungkinkan bayi mengambil nafas pertamanya di dalam air.

nah itulah beberapa sisi positif dan negatif dari water birth, dapat kita simpulkan bahwa jika melakukan water birth dengan hati-hati dan sesuai dengan prosedur maka water birth dapat di katakan aman dengan resiko yang sangat kecil.

semoga apa yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat. terima kasih 😊

Menilik Positif Dan Negatif Water Birth Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar