Jumat, 22 Februari 2019

Tips Mengatasi Maag Saat Berpuasa

Bulan ramadhan merupakan bulan keberkahan bagi setiap umat muslim, hal itu dikarenakan pada bulan ini umat muslim di wajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Puasa berarti menahan hawa dan nafsu serta lapar dan dahaga dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Saat bulan ramadhan ini pula identik dengan berbagai gangguan kesehatan salah satunya maag. Lalu bagaimana cara mengatasi maag saat berpuasa?

Maag merupakan penyakit yang terjadi pada lambung yang di sebabkan peradangan pada lambung karena luka yang menyebabkan sakit, mual, mulas dan perih pada lambung. Maag ini menjadi penyakit umum yang terjadi pada saat Puasa seperti saat ini, pada dasarnya penderita penyakit maag tidak di perbolehkan mengosongkan perut, dan menjaga pola makan yang baik pada saat berpuasa.  Berikut tips yang saya jelaskan untuk mengatasi sakit maag saat berpuasa:

Penderita maag sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan dan  tidak mengosongkan makanan pada perut, seperti halnya pada saat sahur dan berbuka, penderita maag sebaiknya menghindari makanan yang berlemak, asam, pedas, dan kaffein yang terdapat pada kopi dan teh. Pemilihan pola makanan yang sehat itu sendiri dapat mengurangi penderita maag dapat mencegah maag kambuh saat berpuasa. seperti mengkonsumsi sayur saat berpuasa, seperti halnya mengkonsumsi sayuran pada saat sahur dan berbuka . Selain mengkonsumsi sayuran, berikut akan saya jelaskan beberapa makanan yang kurang sehat di konsumsi bagi penderita maag seperti :

Kopi, anggur putih, sari buah sitrus dan susu. Minuman itu tidak sehat di konsumsi bagi penderita maag karena dapat merangsang pengeluaran asam lambung.
Gorengan, kue tart, coklat dan keju. Makanan itu sangat tidak dianjurkan karena jenis makanan yang seperti itu sulit di cerna dan memperlambat pengosongan lambung sehingga menyebabkan peningkatan peregangan di lambung, yang dapat meningkatkan asam lambung.
makanan Pedas, cuka, dan asam. Makanan tersebut telah menjadi umum di ketahui masyarakat sebagai penyebab maag kambuh, itu karena makanan tersebut dapat merusak dan melukai dinding lambung sehingga perut menjadi sakit.
Selain untuk menyehatkan, ternyata ada beberapa jenis buah dan sayur yang dapat meningkatkan aktivitas asam lambung seperti kol, sawi, nangka dan pisang ambon
Itulah beberapa tips mengatasi maag saat berpuasa, dan beberapa makanan serta minuman yang harus di hindari penderita maag saat berpuasa. Semoga dapat menjadi manfaat artikel tentang kesehatan ini untuk anda.

Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mengaasi maag saat berpuasa. semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaar baik untuk anda. Terima kasih

Tips Mengatasi Maag Saat Berpuasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

1 komentar:


  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus