Selasa, 26 Maret 2019

Bolehkan ibu hamil makan Durian?

Informasi kesehatan - Durian merupakan salah satu buah yang banyak kita temui di berbagai negara Asia Tenggara seperti salah satunya di Indonesia. Durian ini juga menjadi satu jenis buah yang banyak di sukai karena memiliki ciri khas rasa dan bau nya. Bahkan karena ciri khas dari durian tersebut, tidak sedikit orang yang tergila-gila dengan durian hingga muncul satu istilah "mabuk durian". Di balik rasanya yang lezat, durian memiliki mitos dan fakta bagi kesehatan. seperti hal nya yang telah dikenal di Indonesia bahwa ibu hamil tidak di sarankan untuk mengkonsumsi durian karea bisa membahayan bayi atau janin dalam kandungan. Lalu apakah benar berbahaya bagi ibu hamil? nah untuk mengetahui informasi tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Mendengar kabar bahwa durian itu berbahaya jika di konsumsi oleh ibu hamil, banyak peneliti kesehatan yang melakukan penelitian terhadap dampak buruk ibu hamil setelah mengkonsumsi durian. ternyata hingga saat ini belum ada satu pun penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi durian saat hamil bisa berdampak negatif bagi ibu dan janin dalam kandungan. Meskipun begitu, tapi bukan berarti ibu hamil bisa menikmati durian sepuasnya. Ibu hamil memang tidak di larang mengkonsumsi durian, Namun ibu hamil juga harus memperhatikan porsi durian yang akan di konsumsi. Jika ibu hamil mengkonsumsi buah durian dalam jumlah yang banyak, maka akan beresiko pada kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan seperti :

Meningkatnya kadar gula darah

saat dalam masa kehamilan ibu hamil mengkonsumsi durian dalam jumlah yang banyak. Maka akan mengakibatkan kadar gula dari buah ini tersimpan dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan kadar gula yang sangat tinggi. hal ini di sampaikan menurut sebuah penelitian yang di publikasikan dalam British Journal Of obstetrics and Gynaecology. Dalam journal tersebut menjelaskan bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi akan meningkatkan resiko bayi lahir terlalu besar dan berat bahkan bisa mengakibatkan obesitas pada bayi dalam masa kanak-kanak.

Kelebihan berat badan atau obesitas

Durian memiliki kandungan kalori dan karbohidrat tinggi di dalamnya. hal ini terbukti dari satu butir daging buah durian saja memiliki kandungan kalori sebanyak 54 hingga 60. Maka jika ibu hamil mengkonsumsi buah ini dalam jumlah berlebihan, akan membuat ibu hamil mengalami kelebihan kalori terlebuh bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas. tubuh yang mengalami obesitas akan beresiko tinggi mengalami gangguan kerja bius epidural saat melahirkan.

Nah maka dari itu, kabar mengenai ibu hamil yang tidak boleh mengkonsumsi durian hanya lah mitos belaka. Ibu hamil boleh saja mengkonsumsi durian asalkan dalam jumlah yang cukup dan wajar,Semoga apa yang kami sampaikan dalam pembahasan kali ini dapat bermanfaat baik untuk anda. Terima kasih

Bolehkan ibu hamil makan Durian? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar