Selasa, 26 Maret 2019

Mitos Atau Fakta, Ibu Menyusui Tidak Boleh makan pedas?

Informasi kesehatan -  menyusui merupakan fase menyenangkan yang dialami wanita setelah melahirkan. Dalam tahapan ini, ibu menyusui biasanya akan mendapatkan berbagai pesan tentang apa yang tidak boleh di lakukan seperti mengkonsumsi makanan tertentu dengan alasan bisa berpengaruh pada bayi. Salah satu pesan yang sering ibu menyusui dengar ialah tentang larangan mengkonsumsi makanan pedas selama ibu dalam tahap menyusui. Apakah hal tersebut benar? berikut penjelasannya :

Akibat dari pesan tersebut, banyak ibu menyusui yang menghindari makanan pedas selama menyusui karena anggapan yang takut akan berdampak tidak baik bagi bayi. Namun menurut Dr. Jennifer Wider seorang penasehat medis untuk Society for Women's Health Research mengatakan bahwa "hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan pedas bisa berefekk buruk untuk bayi dan ibu saat menyusui, yang ada hanyalah reaksi lokal di perut atau usus karena gas dari cabai". Lalu menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases mengatakan bahwa "Jika ibu dalam proses menyusui mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak karbohidrat. mineral dan air setelah penguraian akan menjadi partikel kecil yang kemudian di serap dengan cepat ke aliran darah. " Dari partikel tersebut kemudian masuk ke pembuluh darah kelenjar susu dan masuk ke air susu ibu. Rasa serta molekul yang membawa aroma juga akan masuk ke aliran darah sehingga bisa masuk ke dalam ASI.

Meskipun hingga saat ini belum di temukan penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan pedas saat menyusui tidak berbahaya bagi bayi. Tetap saja, saat ibu menyusui harus memperhatikan jumlah makanan pedas yang ibukonsumsi. Untuk lebih baik nya, jika ibu menghindari konsumsi makanan pedas secara berlebihan karena di khawatirkan akan membuat ibu mengalami diare hingga memicu terjadinya dehidrasi. Saat ibu mengalami dehidrasi maka akan mengganggu proses pemberian ASi pada bayi.

Nah itu dia informasi seputar mitos dan fakta kesehatan kali ini, semoga apa yang kami sampaikan dapat menambah wawasan anda mengenai kesehatan. semoga bermanfaat, terima kasih.

Mitos Atau Fakta, Ibu Menyusui Tidak Boleh makan pedas? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar