Rabu, 27 Maret 2019

Manfaat air Kelapa Untuk ibu hamil

Informasi kesehatan - Dalam masa kehamilan, biasanya ibu hamil akan sering mendengar kabar bahwa minum air kelapa saat hamil akan membuat kulit si kecil danam kandungan menjadi putih dan bersih serta rambutnya menjadi hitam dan lebat. Hal ini bisa hanya jadi sekedar mitos belaka. namun ada beberapa manfaat air kelapa lain yang bisa di buktikan khasiatnya. Apa saja manfaatnya? yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini : 

Air kelapa merupakan minuman isotonik dengan sumber vitamin dan nutrisi di dalamnya, Air kelapa memiliki kandungan hampir lengkap seperti elektrolit, klorida, potassium, magnesium, serat, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Dengan kandungan itu menjadi alasan mengapa ibu hamil di anjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa setidaknya satu sampai dua gelas setiap hari. Tapi yang di konsumsi tersebut harus air kelapa murni, jangan air kelapa kemasan atau kalengan. Apa saja manfaatnya? 

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil

Mencegah sembelit

Pada masa kehamilan, ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit yang di akibatkan oleh peningkatan hormon progesteron dalam tubuh karena penggunaan suplemen zat besi. Dengan mengkonsumsi air kelapa yang mengandung serat telah terbukti bisa mengurangi sembelit pada masa kehamilan. Serat dalam air kelapa akan melicinkan tinja dan membuat saluran pencernaan tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Air kelapa ini juga bisa berfungsi sebagai pencahar alami dengan sifat yang ringan untuk menjaga kerja usus tetap teratur. 

Menghentikan mulas

Selain sembelit, salah satu masalah yang sering di keluhkan ibu dalam masa kehamilan ialah mulas. Ibu hamil sering merasa mulas akibat dari perubahan hormonal dan tekanan perut dari pertumbuhan rahim. Jika saat dalam masa kehamilan ibu tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan dengan tujuan menjaga perkembangan bayi dalam kandungan, ibu bisa mengatasi masalah seperti ini dengan mengkonsumsi air kelapa muda. Air kelapa bisa menurunkan kadar asam di perut yang berakibat pada gangguan pencernaan dan mulas

Menjaga stamina ibu hamil

Untuk menjaga stamina tetap energik selama masa kehamilan, seperti nya mengkonsumsi air kelapa muda bisa di jadikan sebagai alternatifnya, Air kelapa muda memiliki kandungan elektrolit yang melimpah untuk membantu tubuh dalam menjaga tingkat energi tetap tinggi. air kelapa muda juga bisa membantu dalam memulihkan energi dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang fungsi tiroid. 

Mencegah dehidrasi

Ibu hamil sering mengalami morning sickness dan muntah muntah di pagi hari hingga ibu hamil beresiko mengalami dehidrasi. untuk mengatasi hal itu, ibu hamil bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi air kelapa muda yang berfungsi baik untuk membantu mencegah rehidrasi oral. kandungan asam amino sehat dan enzil lainnya dalam air kelapa bisa membantu tubuh dalam melawan dehidrasi hingga kelelahan. 

Menstabilkan tekanan darah

Salah satu manfaat penting mengapa ibu hamil sangat di rekomendasikan untuk mengkonsumsi air kelapa ialah karena manfaatnya yang bisa mengontrol tekanan darah dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Air kelapa baik di konsumsi selama masa kehamilan untuk menstabilkan tekanan darah karena air kelapa memiliki kandungan potasium dan magnesium yang baik untuk melancarkan peredaran darah. 

Mencegah infeksi saluran kemih (ISK)

air kelapa berfungsi sebagai diuretik alami sehingga dengan rutinnya mengkonsumsi air kelapa pada masa kehamilan akan membuat ibu hamil sering buang air kencing. Hal itu terbukti bisa membantu tubuh dalam mencegah berbagai infeksi seperti hal nya infeksi saluran kemih. Dimana saat masa kehamilan, ibu hamil akan memiliki resiko tinggi mengalami infeksi saluran kemih karena membesarnya rahim yang tepat berada di atas kandung kemih. Dengan mengkonsumsi air kelapa setiap hari menjadi cara paling mudah dan sederhana untuk mencegah gangguan ini. 

Membantu dalam meningkatkan sistem imun

air kelapa memiliki kandungan antioksidan tinggi serta vitamin dan mineral di dalamnya yang baik untuk meningkatkan sistem imun sehingga melindungi ibu hamil dan janin dari serangan berbagai macam penyakit. air kelapa juga memiliki kandungan asam laurat tinggi yang juga menghasilkan monolaurin. 

Itulah mengapa pada masa kehamilan, ibu hamil di rekomendasikan untuk mengkonsumsi air kelapa. semoga apa yang kami sampaikan mengenai manfaat air kelapa ini bisa berguna untuk anda. Terima kasih

Manfaat air Kelapa Untuk ibu hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar