Minggu, 31 Maret 2019

Manfaat seledri untuk kesehatan tubuh

informasi kesehatan - Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang sering di gunakan dalam berbagai jenis menu masakan. Di Indonesia sendiri seledri cukup mudah di temui dan sering di gunakan. Namun selain sering di gunakan sebagai bahan pelengkap masakan, seledri juga dikenal memiliki kandungan dan manfaat baik untuk kesehatan. apa saja manfaatnya? yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Seledri merupakan jenis sayuran daun dan tumbuhan obat yang telah sejak lama bahkan hingga ribuan tahun tidak hanya di kenal sebagai penyedap masakan, namun seledri ini di kenal juga sebagai salah satu unsur dari pengobatan tradisional. Hal itu karena seledri terbukti memiliki beragam kandungan aktif di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Meskipun memiliki ukurang yang sangat kecil, namun seledri ini memiliki beberapa kandungan unggul di dalamnya seperti antioksidan tinggi, senyawa fenolik, flavonois, zat ethanol, metanol, kandungan Vitamin C, K, kalium, asam folat, vitamin B6 serta kandungan cairan tinggi. Karena kandungan tersebut, seledri sering kali di jadikan sebagai jus untuk konsumsi harian yang memberikan banyak manfaat baik seperti :

Menurunkan inflamasi 

seledri memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi seperti quercetin, asam ceffeic dan asam ferulic yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh penyebab pembengkakan. Rutinnya mengkonsumsi jus seledri juga bisa menyembuhkan jerawat dan menghaluskan kulit secara perlahan.

Seledri untuk menjaga kesehatan jantung dan ginjal

seledri memiliki kombinasi kandungan gizi yang baik sehingga telah terbukti mampu memberikan manfaat baik untuk kesehatan ginjal dan jantung. Dengan rutinnya mengkonsumsi jus seledri setiap hari, bisa memberikan asupan antioksidan yang cukup dan mudah di serap oleh tubuh, hal ini telah di buktikan pada suatu study tahun 2014 yang menyebutkan bahwa seledri memiliki berbagai jenis antioksidan yang bisa memberikan manfaat preventif penyakit, bagi organ jantung, hati serta ginjal.

seledri bisa mencegah kanker

kandungan antioksidan tinggi dalam seledri memiliki manfaat baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dengan rutinnya mengkonsumsi jus seledri setiap hati bisa menjadi satu tahap pencegahan kanker.

Menurunkan tekanan darah tinggi

seledri memiliki kandungan zat yang baik bersifat antihipertensi dalam bagian daun, batang hingga bijinya. dengan kandungan baik antihipertensi tersebut seledri sering di konsumsi sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan tujuan agar kadar darah dalam tubuh bisa lebih terkontrol.

nah itulah beberapa manfaat dari seledri untuk kesehatan. setelah menyimak informasi ini, apa kamu tertarik untuk mencobanya?

semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat baik untuk anda. terima kasih.

Manfaat seledri untuk kesehatan tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar