Minggu, 31 Maret 2019

Perbedaan Kandungan Dan Manfaat Antara apel hijau Dan Apel Merah

Informasi kesehatan -  Ada yang tahu apel? hampir setiap orang pasti mengenal jenis buah yang satu ini. apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang umum di temukan di seluruh penjuru dunia. Buah ini memiliki banyak jenis, bahkan hingga mencapai 7500 jenis buah apel.dari banyak nya jenis apel tersebut, Indonesia lebih mengenal 2 jenis apel, yakni apel merah dan apel hijau. meskipun memiliki jenis yang sama, namun kedua nya memiliki kandungan gizi dan manfaat yang jelas berbeda. Apa saja perbedaan kandungan gizi dan manfaat kedua nya? untuk mengetahui hal itu, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini ;

apel merupakan salah satu buah dengan kandungan kalori rendah di dalamnya, bahkan dalam satu buah apel mengandung kurang dari 100 kalori. apel juga menjadi buah dengan kandungan bebas lemak, natrium hingga kolesterol sehingga buah yang satu ini sering di gadang-gadang sebagai buah dengan kandungan tinggi serat pektin hingga mencapat4-5 gram pektin dalam satu buah apel. Apa itu pektin? pektin merupakan serat yang berfungsi baik untuk mengikat kolesterol dalam tubuh serta memperlambat penyerapan glukosa. Jika tubuh sering mengkonsumsi buah apel setiap hari, maka sekitar 14% kebutuhan Vitamin C harian yang di butuhkan tubuh akan terpenuhi.
selain itu, buah apel juga mengandung antioksidan cukup tinggi dan fitokimia yang dapat membantu tubuh dalam mencegah penyakit kronis seperti alzheimer, kanker, jantung, kanker payudara, diabetes dan beberapa jenis penyakit kronis lainnya. 

Lalu manakah yang lebih sehat antara apel merah dan apel hijau? 

kedua jenis apel ini memiliki warna kulit yang berbeda, yakni salah satunya ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna hijau. Namun ternyata warna kulit apel yang berbeda tersebut bisa mempengaruhi kandungan dan manfaat di dalamnya untuk kesehatan. Baik apel hijau maupun apel merah memiliki kandungan jumlah serat dan Vitamin C yang sama di antara keduanya. Namun yang membedakan dari kedua nya ialah kandungan beta karoten di dalamnya, apel merah memiliki kandungan beta karoten lebih tinggi 50% di bandingkan dengan apel hijau. Kandungan beta karoten dalam buah apel tersebut berperan sebagai antioksidan yang di temukan dalam pigmen antosianin hingga memberikan warna merah pada kulit buah apel tersebut. Selain berperan sebagai antioksidan, kandungan antosianin dalam buah apel juga berperan baik dalam proses anti radang, antivirus hingga berperan penting dalam proses antikanker bagi tubuh. 
selain apel merah, apel hijau juga memiliki kelebihan tersendiri yakni apel hijau memiliki kandungan kalori dan karbohidrat 10% di bandingkan dengan apel merah. apel hijau memiliki kandungan porlifenol yang berfungsi baik sebagai antioksidan untuk meningkatkan bakteri baik di usus. Bakteri baik di usus ini akan menguntungkan bagi tubuh yakni untuk mengurangi resiko obesitas.

Sebenarnya di antara kedua nya memiliki keunggulan masing-masing, tergantung apa tujuan yang ingin di capai saat mengkonsumsi jenis apel ini, jika kamu menginginkan berat badan turun dan menjaga kadar gula darah, maka jenis apel hijaulah yang paling tepat untuk di konsumsi. Namun jika kamu memiliki target untuk meningkatkan antioksidan dan mencegah penuaan dini, maka jenis apel merah lah yang tepat untuk di konsumsi. Meskipun begitu, kedua jenis apel ini memiliki manfaat baik tersendiri untuk kesehatan, maka tidak ada salahnya jika kamu mengkonsumsi kedua jenis apel ini secara bergantian dan bertahap. 

Nah itulah sedikit informasi yang dapat di sampaikan mengenai perbedaan kandungan antara apel merah dan apel hijau, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat baik untuk anda. terima kasih

Perbedaan Kandungan Dan Manfaat Antara apel hijau Dan Apel Merah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar