Selasa, 26 Maret 2019

Mengenal Gejala ASI tersumbat saat Menyusui

Informasi Kesehatan - Menyusui menjadi satu interaksi alami yang dilakukan ibu pada bayi. Dalam proses pemberian ASI atau menyusui tersebut ada kalanya payudara membengkak hingga ibu merasakan sakit di payudara hingga sakit di kepala. Kondisi ini biasanya menjadi satu pertanda bahwa ibu mengalami gejala tersumbatnya saluran ASI yang bisa membuat ASI keluar sedikit atau malah tidak keluar sama sekali saat diisap bayi atau bahkan saat di pompa. untuk mengetahui gejala apa saja yang umum dialami saat saluran ASI tersumbat, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Ibu yang mengalami penyumbatan saluran ASI akan memiliki ciri khas benjolan lembut di payudara secara beruntun yang di sertai dengan kemerahan pada kulit. Jika kondisi ini terus menerus di biarkan maka akan menyebabkan ibu mengalami infeksi saluran ASI, mastitis hingga demam dan sakit kepala berlebih pada ibu menyusui. hal itu di katakan oleh seorang konselor Laktasi Linda Dummond.

Untuk mengatasi hal ini, kamu hanya perlu memijat payudara dengan lembut menggunakan empat jari ke arah areola atau bagian hitam di payudara selama 3 sampai 5 menit kemudian lakukan hal tersebut dengan arah sebaliknya dalam durasi waktu yang sama. Setelah melakukan pijatan, maka kompres payudara dengan air hangat selama lima menit setelah itu kompres juga dengan air dingin selama lima menit. Lakukan secara bergantian, setelah tips tadi di lakukan. coba perah ASI menggunakan tangan. Lakukan dengan memberikan pijatan lembut pada benjolan kecil dipayudara. Begitu kata linda.

Jika setelah di pijat dan di kompres, maka hasil perah ASI akan bertambah. Segera susui bayi. Jika bayi masih belum mau menyusu, maka perah ASI lalu simpan di lemari es. Susui payudara dengan seimbang kanan dan kiri, perlu di perhatikan bahwa jangan menyusui di satu payudara saja.

Jika dalam beberapa hari setelah kamu mengompres payudara, dan kamu masih merasakan demam dan nyeri. Segera periksakan kondisi kesehatan kamu pada dokter atau medis kesehatan untuk mendapat penanganan yang tepat. Semoga apa yang kami informasi kan kali ini dapat bermanfaat baik untuk anda. Terima kasih. 

Mengenal Gejala ASI tersumbat saat Menyusui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar