Kamis, 28 Maret 2019

Ragam Makanan Yang sehat untuk Jantung

informasi kesehatan - Jantung merupakan satu organ sangat penting dalam tubuh manusia. jantung itu sendiri memiliki peranan penting bagi kelangsungan hidup manusia, yakni memiliki fungsi untuk mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan peran nya yang begitu penting bagi tubuh manusia, kita wajib menjaga kesehatan jantung agar jantung bekerja lebih optimal dalam tubuh. Seperti misalnya dengan mengkonsumsi beberapa jenis menu makanan sehat yang terbukti bermanfaat baik untuk kesehatan jantung. apa saja menu makanan sehat yang di anjurkan untuk kesehatan jantung? nah untuk mengetahui hal tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Untuk menjaga kesehatan jantung, kita bisa memulainya dari hal sederhana. seperti misalnya mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat. Mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung bisa membuat tubuh kita terhidar dari berbagai resiko penyakit jantung. Dengan waktu yang bersamaan, resiko kematian akibat penyakit jantung pun akan berkurang. Lantas apa saja makanan sehat yang di maksud?

Jantung membutuhkan asupan senyawa fitonutrien untuk membantu cara kerja jantung menjadi lebih kuat. senyawa fitonutrien tersebut bisa di dapatkan dari sayur dan buah. selain dari sayur dan buah, kandungan fitonutrien bisa kamu dapatkan dari beberaoa jenis makanan lain seperti :

Kacang 

Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu bisa memperbanyak konsumsi kacang seperti kacang merah dan kacang hijau, kacang-kacangan memiliki kandungan fitonutrien yang tinggi untuk kesehatan jantung, selain itu kacang-kacangan juga memiliki banyak kandungan serat dan air yang bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat kenyang untuk mencegah kita mengkonsumsi lebih banyak kalori. kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan yang berfungsi baik untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab kanker, parkinson dan alzheimer.

Biji-Bijian yang utuh

Selain kacang, mengkonsumsi biji-bijian yang utuh seperti gandum, beras merah dan jagung juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan jantung. Hal tersebut di karenakan biji-bijian memiliki kandungan protein, serat, antioksidan, Vitamin B dan minerat seprti zat besi, zinc, dan magnesium untuk mencegah berbagai jenis penyakit seperti jantung, diabetes, kanker hingga obesitas.

Apel

Buah yang satu ini cukup dikenal dengan warna nya yang merah dan rasa nya yang cukup manis. buah ini memiliki kandungan fitonutrien dan beberapa kandungan lain seperti epicatechin dan antioksidan tinggi untuk membantu mengurangi tekanan darah serta efektif di konsumsi untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan mengatur kadar gula dalam darah. Dengan rutinnya mengkonsumsi buah apel ini sebanyak 1-2 buah perhari, di yakini dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Bawang putih

Bawang putih merupakan satu jenis rempah yang kaya manfaat, dikenal baik memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah. Bawang putih ini bisa di gunakan sebagai pengganti garam untuk menambah rasa gurih dalam makanan, Seringnya mengkonsumsi bawang putih dikenal baik bisa mempengaruhi kesehatan jantung.

Buah beri 

Buah beri memiliki banyak ragam nya, seperti hal nya buah blueberry, stroberry dan blackberry. Berbagai jenis buah beri ini sering di jadikan camilan sehat yang kaya akan kandungan serat dan antioksidan untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Meskipun buah beri ini memiliki rasa yang manis, namun buah ini sama sekali tidak memicu diabetes.

Teh hijau

Teh hijau, sering di konsumsi untuk menurunkan berat badan, Namun berdasarkan hasil penelitian membuktikan dengan mengkonsumsi teh hijau lebih dari lima cangkir dalam sehari, terbukti mampu memiliki resiko sekitar 25% lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke. Namun dengan catatan sebelum mengkonsumsi teh hijau, perlu di perhatikan bahwa mengkonsumsi teh hijau lebih dari lima cangkir setiap hari bisa meningkatkan resiko penyakit ginjal.

Nah selain mengkonsumsi berbagai jenis makanan itu, kamu juga perlu membatasi asupan garam. dengan tidak lebih dari 5-6 gram perhari atau setara dengan 2000-2400 mg sodium (natrium) perhari. Berolahraga dan berhenti merokok juga menjadi salah satu aktivitas penting yang harus di lakukan untuk senantiasa menjaga kesehatan jantung.

Semoga bermanfaat, terima kasih

Ragam Makanan Yang sehat untuk Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar