Rabu, 17 April 2019

Kista Ovarium

Informasi kesehatan - Sebagai seorang wanita, saya sendiri akan merasakan ketakutan jika mendengar penyakit kista ovarium. Hal itu karena penyakit kista ovarium ini menjadi salah satu penyakit yang amat menakutkan, karena perkembangannya bisa menjadi kanker yang bersifat mematikan. Maka dari itu, pada saat ini kita akan sama-sama mengenal apa itu kista ovarium, tanda gejala hingga penyebabnya. Penasaran kan? maka dari itu, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Kista ovarium merupakan penyakit yang hanya akan di alami wanita, karena keberadaannya di dalam ovarium wanita. Sebenarnya setiap wanita memiliki resiko yang sama mengalami kista ovarium. Namun kista tersebut ada yang tumbuh menjadi besar dan ada yang hilang dengan sendirinya. kista ovarium merupakan benjolan atau kantung berisi cairan yang berkembang di dalam ovarium wanita, kondisi ini menjadi kondisi yang umum dialami oleh wanita. Pada kondisi normal, tubuh wanita akan memiliki dua indung telur atau ovarium yang terdiri dari satu ovarium bagian kanan dan bagian kiti. kedua organ ini memiliki fungsi baik untuk menghasilkan sel telur pada wanita serta memproduksi hormon estrogen dan progesteron.

Gejala Kista Ovarium

Banyak wanita yang menderita kista ovarium tidak memiliki gejala hingga kista tersebut berukuran besar, pecah atau menyumbat aliran darah ke ovarium. Kondisi tersebut bisa menimbulkan beberapa gejala seperti:

  • Menstruasi yang tidak teratur
  • Sering merasakan nyeri pada tulang panggul sebelum atau sesudah menstruasi
  • Nyeri panggul saat berhubungan seks
  • seringnya buang air kecil
  • Terjadi mual, muntah hingga payudara menjadi sensitif sama seperti saat hamil
  • Sulit buang air besar
  • Pencernaan tidak lancar
  • Perut kembung
  • Kenyang lebih lama
  • Sering merasa pusing

Akibat dari tanda gejala yang tidak di sadari penderita, kista ovarium ini sering mengalami komplikasi seperti torsi ovarium dan pecahnya kista hingga menyebabkan penyakit lainnya.

Lalu apa penyebab dari Kista Ovarium ini ? 

Kista ovarium bisa di sebabkan oleh beberapa hal, mulai dari pola makan, gaya hidup tidak sehat, masalah hormonal hingga gangguan kesehatan lainnya seperti :

Siklus haid yang tidak teratur

wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak lancar memiliki resiko terkena penyakit kista ovarium. Hal ini di sebabkan oleh penumpukan darah kotor dalam tubuh yang seharusnya di keluarkan malah menumpuk pada ovarium atau indung telur hingga membentuk kista.

Gangguan hormon

Tidak hanya siklus menstruasi saja, gangguan hormon yang bisa di sebabkan oleh pola hidup tidak sehat juga bisa menjadi salah satu penyebab terbentuknya kista ovarium.

Belum memiliki keturunan

mengandung dan melahirkan akan membuat wanita memiliki rahim yang sehat, hal itu di benarkan oleh penelitian. Bahkan seringnya mengandung dan melahirkan akan menurunkan resiko seseorang  terkena kista ovarium. jika kamu belum memiliki keturunan, kamu bisa melakukan pencegahan ini dengan cara mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan tersebut bisa melindungi tubuh dari serangan virus, parasit, bakteri hingga berbagai serangan radikal bebas.

Stress

Tidak hanya menyerang fikiran saja, stress yang berlebihan justru akan bisa menghasilkan hormon tertentu yang memicu penyakit. Jika kita tidak memiliki kemampuan untuk mengelolanya, stress tersebut bisa menyebabkan kista ovarium.

Rokok

Rokok telah lama dikenal sebagai sumber dari masalah kesehatan terutama masalah kesehatan paru-paru. Rokok memiliki kandungan zat adiktif yang bisa mengganggu rahim dan menjadi pemicu kista pada indung telur.

Minuman beralkohol

Selain rokok mengkonsumsi minuman beralkohol juga beresiko tinggi yang bisa merusak organ bagian tubuh seperti hati hingga menyebabkan kista ovarium.

Nah itulah sedikit informasi yang bisa di sampaikan mengenai kista ovaroium, tanda gejala dan penyebab nya. semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat baik untuk anda. Terima kasih

Kista Ovarium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar