Senin, 22 April 2019

Mengenal Buah Naga Dan Manfaat Baiknya untuk kesehatan

Informasi Kesehatan - Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang sedang menjadi favorit masyarakat khususnya di Indonesia. Buah ini memiliki bentuk juga rasa yang unik, keunikan tersebut yang menjadi alasan mengapa buah naga menjadi salah satu jenis buah yang di favoritkan. Namun selain keunikan itu, banyak masyarakat yang mengkonsumsi buah naga karena kandungan dan khasiat baik nya untuk kesehatan. Apa saja khasiat dan manfaat nya tersebut? yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini untuk mengetahui apa saja khasiat dan manfaat dari buah naga.

Buah naga banyak tumbuh subur di daerah dengan iklim yang tropis dan subtropis. Buah ini di beri nama buah naga karena melihat bentuknya yang hampir mirip dengan sisik naga. Meskipun memiliki nama yang cukup menyeramkan, tapi buah naga ini memiliki banyak kandungan Vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan seperti Vitamin C, B1, B2 dan B3 serta beberapa zat mineral seperti zat besi, kalsium dan fosfor. Selain beberapa kandungan vitamin dan mineral tadi, buah naga banyak di percaya oleh para peneliti kesehatan memiliki banyak kandungan positif lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan seperti :

Menyehatkan dan merawat kulit

Kandungan baik seperti vitamin C, Vitamin B3 dan kadar air yang cukup tinggi hinggga mencapai 90% membuat buah naga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan serta merawat kecantikan kulit. Buah naga ini jika di konsumsi dengan rutin, akan membuat kulit menjadi tampak sehat dari dalam. Warna merah yang ada dalam kulit buah naga mengandung fitokimia yang berperan sebagai antioksidan sehingga tidak hanya menjaga kekencangan kulir tapi juga bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Mencegah kanker

Masih hampir sama dengan kandungan sebelumnya, kandungan antioksidan dalam buah naga memiliki fungsi yang baik untuk melawan radikal bebas untuk menekan resiko kanker. Selain Vitamin C, buah naga juga memiliki kandungan beta karoten yang bisa mengurangi jumlah tumor. Kandungan likopen dalam buah naga merah juga terbukti bisa menurunkan resiko kanker prostat.

Menjaga kesehatan jantung

Selain menjaga dan merawat kesehatan kulit serta mencegah kanker, buah naga juga memiliki beberapa kandungan yang bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan dalam buah naga bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Bahkan manfaat buah naga untuk menjaga kesehatan jantung telah di kemukakan melalui jurnak Pharmacognosy Research Di tahun 2010. Mereka menemukan fakta bahwa mengkonsumsi buah naga secara rutin bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Mencegah diabetes

Buah naga memiliki kandungan serat dengan jumlah tinggi yang bermanfaat untuk menghambat peningkatan gula karena makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Dengan rutinnya mengkonsumsi buah naga ternyata berkhasiat baik untuk menghindarkan tubuh dari penyakit diabetes.

Mengenal Buah Naga Dan Manfaat Baiknya untuk kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar