Senin, 22 April 2019

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Informasi kesehatan -  Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang telah lama banyak di gunakan sebagai olahan dalam bumbu masakan. Namun selain di jadikan sebagai bumbu dalam masakan, kunyit juga memiliki kandunganyang cukup baik untuk kesehatan. Jenis kunyit yang cukup banyak manfaat nya ialah jenis kunyit putih. Apa itu kunyit putih? apa saja manfaatnya?

Kunyit putih memiliki nama latin dengan sebutan Zedoaria atau Curcuma Zeodaria. Kunyit putih ini menjadi salah satu tanaman yang hampir semua bagiannya seperti akar, daun, dan minyak nya di gunakan sebagai obat. Rempah asli India ini kini telah Populer di Indonesia sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kunyit putih memiliki rasa yang mirip dengan jahe. Meskipun belum terlihat jelas apa saja manfaat dari kunyit putih, namun beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kunyit putih memiliki manfaat baik seperti :

Antibakteri dan antijamur

kandungan antibakteri dan antijamur yang ada dalam kunyit putih sangat di percaya bisa mengurangi jumlah mikroba dalam mulut penyebab bau mulut. Bahkan ke efektifannya telah di uji dengan produk obat kumur di pasaran, terbukti hasilnya sama. Selain mampu mengurangi jumlah mikroba dalam mulut, kandungan dalam kunyit putih juga bermanfaat baik untuk menghambat aktivitas jamur dalam tubuh manusia.

Anti nyeri

Kunyit putih bekerja sebagai analgesik atau yang lebih dikenal dengan obat penghilang rasa sakit. Kunyit putih banyak di gunakan untuk mengobati bagian tubuh yang terasa sakit. Namun analgesik tersebut kembali lagi berdasarkan pada dosis yang di anjurkan.

Obat Tukak

Kunyit putih memiliki manfaat baik yang di percaya bisa mengurangi jumlah dari keasaman cairan lambung sehingga sering di gunakan sebagai obat tukak lambung, Namun manfaat ini belum bisa di pastikan dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Anti radang

Kunyit putih yang memiliki kandungan antiradang di dalamnya di percaya bisa mengatasi peradangan atau pembengkakan dalam tubuh.

Antikanker

Selain antiradang, kunyit putih juga di yakini bisa membantu proses penyembuhan kanker karena kandungan senyawa ethyl pmethocyvinnatate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin dan flavonoid yang bisa mengatasi penyakit kanker. namun ke efektifan kunyit putih dalam mengobati kanker masih perlu penelitian lebih lanjut.

Antioksidan

Minyak essential yang di buat dari kunyit putih sangat di percaya bisa mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu. Selain beberapa manfaat tadi,. kunyit putih di percaya bisa mengatasi beberapa jenis gangguan kesehatan tertentu seperti gejala arthritis, asma, anti-rematik dan obat diuretik.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar