Rabu, 03 April 2019

Manfaat Daun sukun

Informasi kesehatan -  Buah sukun menjadi salah satu buah yang cukup dikenal dan familiar bagi masyarakat Indonesia. Berbagai menu masakan yang terbuat dari buah sukun sudah tidak di ragukan lagi kelezatannya. Namun tahukah kamu jika tidak hanya buah sukun saja yang dapat di manfaatkan, Daun dari pohon sukun juga bisa di olah dengan beragam kandungan dan manfaat. Apa saja manfaat dari daun sukun tersebut?

Sukun memiliki nama latin Artocarpus altilis yang mungkin lebih dikenal sebagai breadfruit dalam bahasa inggris. Tidak hanya buah sukun saja, daun dari pohon sukun ini sering diolah menjadi teh dengan beragam kandungan dan manfaat baik di dalamnya. Daun sukun memiliki kandungan senyawa aktif yang d butuhkan tubuh seperti polifenol, flavonoid, kalium, asam amino essential, riboflavin, tanin, sitosterol dan asetilkolin yang bersifat antibakteri, antiinflamasi hingga antioksidan di dalamnya. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam daun sukun tersebut, daun sukun di percaya memiliki banyak manfaat baik seperti :

Mengatasi penyakit jantung

Daun sukun memiliki kandungan flavonoid dan sitosterol yang cukup signifikan di dalamnya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan jantung. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa kandungan tersebut yang ada dalam daun sukun bisa menjaga kesehatan dan fungsi jantung dari kerusakan kardiovaskular

Menurunkan kolesterol

Kolesterol tinggi dalam darah merupakan salah satu penyebab penyakit kardiovaskular penyebab penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegah hal itu terjadi, kadang kita akan sulit untuk mengontrol kadar kolesterol. Dengan menggunakan daun sukun, kamu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan tujuan untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Mengatasi penyakit maag

Daun sukun memiliki kandungan kalium di dalamnya yang di percaya memiliki manfaat baik untuk menetralkan kadar asam lambung dan maag. daun sukun juga memiliki sifat antiinflamasi yang di percaya bermanfaat baik untuk mengatasi radang lambung.

Mengatasi Penyakit Asam Urat

Khasiat daun sukun selanjutnya ialah untuk mengatasi asam urat. Penyakit asam urat ini merupakan jenis penyakit yang sering menyerang sendi dan menyebabkan beberapa gejala seperti nyeri sendi, kemerahan pada sendi hingga sendi yang membengkak. Kini asam urat bisa kamu atasi dengan bahan alami, yakni daun sukun. Kamu bisa mengkonsumsi daun sukun yang kering dan di jadikan sebagai teh. Daun sukun memiliki beberapa kandungan yang di percaya mampu menurunkan gejala asam urat.

Menstabilkan kadar gula

Daun sukun memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat baik untuk menjaga ke stabilan kadar gula dalam darah sehingga dengan rutinnya mengkonsumsi teh daun sukun ini terbukti bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Teh daun sukun ini cocok untuk di konsumsi penderita diabetes.

Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat dari daun sukun untuk kesehatan. Semoga apa yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat baik untuk anda. Terima kasih

Manfaat Daun sukun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar