Rabu, 24 April 2019

Manfaat Imunisasi

Informasi kesehatan - Imunisasi atau vaksinasi merupakan metode pemberian vaksin kekebalan ke dalam tubuh seseorang. Imunisasi atau vaksinasi ini biasanya akan di lakukan pada bayi baru lahir hingga anak usia 5 tahun. Bagaimana Moms apakah imunisasi buah hati sudah lengkap? perlu di ingat moms, imunisasi merupakan hal yang penting dilakukan untuk mencegah bayi mengalami berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari. Lalu bagaimana jika bayi tidak di imunisasi?

Pada dasarnya sejak bayi masih dalam kandungan sudah memiliki sistem kekebalan tubuh untuk melindungi diri dari serangan berbagai penyakit. Namun sistem imun bayi tersebut belum bekerja secara maksimal dan sekuat sistem imun orang dewasa, dengan sistem imun yang lemah menjadikan bayi mudah terserang penyakit. Nah disini peranan imunisasi sangat penting untuk menjaga kesehatan bayi sejak baru lahir.

Bagaimana Jika Bayi Tidak Imunisasi?

Vaksinasi atau imunisasi memang tidak menjamin hingga 100% bayi terhindar dari berbagai jenis penyakit, namun manfaatnya akan lebih besar di bandingkan dengan resikonya. Jika pun anak yang imunisasi terkena atau tertular penyakit, gejala yang di alami akan jauh lebih ringan dan mudah untuk di obati. hal ini berbanding terbalik dengan tubuh bayi yang tidak melakukan imunisasi. Hal ini karena tubuh bayi yang mendapat imunisasi akan di perkuat dengan sistem pertahanan tubuh khusus yang bisa mendeteksi penyakit tertentu.

Daftar Imunisasi Yang ada di Indonesia

Di Indonesia bayi yang berumur kurang dari satu tahun akan di sarankan untuk melakukan imunisasi lima jenis dasar seperti vaksin hepatitis B, vaksin polio, vaksin TBC (BCG), vaksin campak dan vaksin kombinasi. Kelima jenis imunisasi ini memiliki manfaat baik untuk mencegah anak dari serangan berbagai macam penyakit seperti polio, campak, TBC, difteri, pertusis atau batuk rejen, tetanus dan hepatitis B.

Jenis jenis imunisasi


  • Vaksin MR - Biasanya akan di berikan pada anak usia 9 bulan hingga anak usia kurang dari 15 tahun
  • Pneumokokus (PCV) - imunisasi yang biasanya akan di berikan pada anak usia 7-12 bulan sebanyak 2 kali.
  • Hepatitis A - imunisasi yang di berikan pada anak usia 2 tahun
  • Vaksin Varisela - imunisasi yang di berikan pada anak setelah usia 12 bulan hingga sebelum anak masuk sekolah dasar
  • Vaksin influenza - imunisasi yang dilakukan secara rutin setiap tahun pada anak usia lebih dari 6 bulan
  • Vaksin HPV - imunisasi yang di berikan pada anak usia 10 tahun.

Manfaat Imunisasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

2 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus
  2. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add whatsapp: +85515373217

    BalasHapus