Jumat, 26 April 2019

Mengenal Kista

Informasi Kesehatan - Jika berbicara mengenai kista, pasti hampir setiap wanita mengenal jenis penyakit ini. Kista adalah tumor jinak yang di bungkus dengan selaput semacam jaringan. Jika di teliti lebih lanjut, kantung kista ini akan berisi cairan kental yang bercampur dengan nanah atau udara. Banyak yang mengira bahwa penyakit kista, miom dan tumor merupakan jenis penyakit yang sama. Padahal pada dasarnya ketiga jenis penyakit itu jelas berbeda. Penyakit kista merupakan tumor jinak, bukan kanker. Maka dapat di katakan penyakit kista tidak berbahaya selama ukurannya masih kecil. Namun bila terus menerus di biarkan hingga menjadi besar dan pecah, kista yang pecah itu justru akan menjadi sangat berbahaya. Maka dari itu, untuk menghindari pertumbuhan kista dalam rahim, kita jelas harus mengetahui apa saja tanda gejala awal yang di timbulkan oleh kista. gejala nya seperti :

  • Nyeri perut bagian bawah atau nyeri panggul yang bisa datang dan pergi kapan saja
  • Nyeri panggul sesudah maupun sebelum menstruasi
  • Memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Sakit dan tidak nyaman saat berhubungan intim
  • Merasakan tekanan di area perut
  • Perut merasa kembung atau bengkak
  • Mengalami kesulitan dalam buang air besar 
  • Lebih sering buang air kecil
  • Mual, muntah dan nyeri di payudara

Lalu, Hal apa saja yang bisa menyebabkan kista?


Kista dapat di sebabkan dari beberapa hal yang justru tanpa kita sadari seperti :

Haid tidak lancar

Tidak jarang seorang wanita mengalami siklus haid tidak lancar. Siklus haid yang tidak lancar ini bisa menjadi salah satu penyebab kista. Hal itu karena saat wanita memiliki siklus haid tidak lancar, darah kotor yang seharusnya di keluarkan akan menumpuk dalam rahim hingga menyebabkan terjadinya kista ovarium. 

Belum memiliki keturunan

Memiliki keturunan atau anak bisa mengurangi resiko penyakit kista pada seorang wanita. Fakta kesehatan terbaru menyebutkan bahwa dengan mengandung dan melahirkan bisa membuat rahim wanita menjadi lebih sehat dan menurunkan resiko wanita terkena kista. Namun jika kamu belum berencana untuk mengandung dan melahirkan, kamu bisa mencegah penyakit kista dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan akan membantu melindungi tubuh dari virus, bakteri, parasut dan berbagai serangan radikal bebas. 

Kolesterol

Tidak hanya bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke saja, kolesterol tinggi ternyata bisa menjadi salah satu penyebab dari penyakit kista. Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyerang organ reproduksi seperti rahim hingga menyebabkan kista ovarium. Maka dari itu, untuk mencegah lonjakan kadar kolesterol dan penyakit kista wanita akan sangat di sarankan untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh. 

stress

Tidak hanya bisa mengganggu fikiran dan ketenanga saja, ternyata stress juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kista. Ketika wanita mengalami stress maka tubuh tersebut akan menghasilkan hormon pemicu penyakit. Jika Tubuh tidak bisa mengelola stress dengan baik, maka stress itu bisa menjadi pemicu kista ovarium. Maka dari itu, Hindari stress dengan cara mengubah gaya hidup dan berolahraga supaya bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit

Obat Subur

Memiliki keturunan merupakan impian bagi setiap pasangan, untuk mewujudkan itu semua banyak pasangan suami istri yang melakukan banyak hal, salah satunya yang sering dilakukan ialah dengan mengkonsumsi obat penyubur kandungan. Namun ternyata dengan seringnya mengkonsumsi obat penyubur kandunga, bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kista ovarium. Maka dari itu, jika ingin menyuburkan kandungan, lebih baik menggunakan bahan alami seperti kacang hijau dan tauge. 

Rokok

Memiliki kebiasaan merokok, ternyata tidak hanya bisa merusak paru-paru saja. Namun paparan zat adiktif yang ada dalam rokok bisa mengganggu rahim dan menjadi pemicu kista pada indung telur. Dengan berhenti merokok dan mengurangi interaksi dengan lingkungan penuh asap rokok bisa mengurangi resiko terkena kista ovarium. 

Untuk menghindari penyakit kista ini, alangkah baiknya jika mulai saat ini kita belajar menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari penyakit kista. 

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat baik untuk anda. Terima kasih

Mengenal Kista Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

2 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus
  2. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add whatsapp: +85515373217

    BalasHapus